Dinkes Kaimana Gelar Operasi Katarak dan Pemeriksaan Mata Gratis

0
Kegiatan operasi mata katarak dan pemeriksaan mata gratis bagi masyarakat Kaimana.
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana melalui Bidang Pelayanan Kesehatan melakukan kegiatan operasi mata katarak dan pemeriksaan mata gratis bagi masyarakat Kaimana.
Pelayanan berlangsung sejak Senin 19 September dan akan berakhir pada Sabtu 24 September 2022 bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kaimana, Jalan Batu Putih.
Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Sofyan Thauri, SKM menjelaskan, kegiatan ini merupakan program rutin Dinas Kesehatan yang dilakukan setiap tahun karena pertimbangan angka gangguan katarak pada masyarakat Kabupaten Kaimana cukup banyak.
Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Sofyan Thauri, SKM
Disebutkan, sejak hari pertama, jumlah pasien yang berkunjung mencapai 277 orang, sementara kuota untuk operasi katarak hanya sebanyak 40 orang. Pelayanan gratis berlaku untuk umum, namun tteap memprioritaskan masyarakat asli Papua karena anggaran untuk program ini bersumber dari dana Otsus.
“Pelayanan sudah 3 hari dan hingga saat ini kebanyakan yang datang masyarakat dari seputaran wilayah kota. Sedangkan dari kampung-kampung belum banyak mungkin karena informasi terkait kegiatan ini tidak sampai kesana. Padahal jika dilihat, angka pasien katarak lebih banyak dari kampung-kampung,” ungkap Sofyan, Kamis (22/9/2022).
Ia juga menjelaskan, untuk operasi katarak sendiri hanya dikhususkan bagi pasien dengan status sangat berat dan memerlukan operasi secepatnya. Sedangkan untuk pasien gangguan ringan diarahkan menjalani screning dan mendapatkan obat. Namun apabila kondisinya semakin parah akan diupayakan masuk dalam kuota pelayanan kesehatan mata berikutnya.
Layanan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis ini lanjutnya, dilakukan oleh seorang ahli mata dan dua perawat didatangkan dari salah satu Rumah Sakit di Sorong.
Menutup keterangannya, Sofyan mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan pemeriksaan mata, persyaratan yang harus dipenuhi adalah membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatan. (iw)
SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.