SMKN 2 Kaimana Juara I Debat Bahasa Inggris Tingkat SMK se-Papua Barat

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kabupaten Kaimana berhasil menjadi juara I lomba debat Bahasa Inggris jenjang SMK tingkat Provinsi Papua Barat.

Lomba tersebut digelar sejak Senin (28/11/2022) melibatkan 10 kabupaten dan kota di Papua Barat, yang berlangsung di Aston Niu Hotel Manokwari.

Salah satu juri lomba debat, Maryanti E. Mokoagouw saat membacakan surat keputusan Pemenang, menyebut SMKN 4 Prafi keluar sebagai juara III dengan meraih total nilai 655.

Juara II direbut oleh SMKN 2 Manokwari dengan raihan total nilai 668, atas nama siswa Bintang Jazzy Emmanuela dan Ahmad Baihaqi.

Juara I diraih oleh SMKN 2 Kaimana dengan total nilai 722, atas nama siswa Lukas Malintir dan Juen Narlis Tumanat.

Para juara mendapatkan penghargaan berupa piala dan uang pembinaan. Juara I mendapatkan Piala dan uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta, juara dua mendapatkan piala dan uang Rp 2 juta dan juara III mendapat piala dan uang Rp1,5 juta.

Aries Mofu, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Papua Barat saat menutup lomba tersebut mengatakan, ada 3 kabupaten yang tidak berpartisipasi dalam ajang ini yaitu Kabupaten Pegaf, Kabupaten Mansel dan Kabupaten Tambrauw.

Dikatakan Mofu, Kemampuan berbahasa Inggris harus dikuasai setiap pelajar SMK, penguasaan bahasa asing sangat dibutuhkan di dunia industri.

“Penguasaan bahasa asing yang baik menjadi bekal ketika pelajar mulai terjun ke dunia kerja,” tuturnya.

Mofu mengutarakan, Lomba ini menjadi ajang pertemuan terakhir antara SMK dengan Dinas Pendidikan Papua Barat, mengingat mulai tahun depan sudah mulai dikelola oleh dinas pendidikan di kabupaten dan kota.

“Selamat kepada SMK Kaimana telah meraih juara I, terimakasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing anak muridnya, teruslah membimbing anak-anak ke depan,” ucap Mofu.

Mofu berpesan, Kemampuan bahasa asing setiap pelajar SMK harus dimantapkan, agar ke depan dapat disiapkan mengikuti ajang nasional. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.