Kabupaten Pegaf Masih Zona Hijau dari Covid-19

0
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Terry Dowansiba
PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Pegunungan Arfak Terry Dowansiba mengatakan, Kabupaten Pegaf sampai saat ini masih zona hijau atau relatif aman dari paparan Covid-19
“Sampai saat ini, kami (satgas Covid-19) atau dari dinas kesehatan belum mendapati atau menerima laporan dari warga terkait gejala-gejala virus korona di tengah-tengah masyarakat. Intinya pegaf untuk sementara masih aman, belum ada warga yang menjadi pasien dalam pengawasan ataupun positif corona,” kata Terry saat dikonfirmasi oleh wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (31/03/2020).
Kendati masih zona hijau, pemerintah daerah melalui satgas Covid-19 yang baru saja dibentuk akan berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona di daerah yang sering dijuluki negeri atas awan Papua ini.
Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Pegaf, pihaknya akan membatasi masyarakat asal luar daerah untuk berkunjung ke daerah tersebut. Satgas Covid-19 akan mendirikan posko di perbatasan Pegaf-Manokwari dan Pegaf-Mansel untuk memantau kedatangan orang ke Pegaf.
“Kita akan memeriksa identitas orang-orang yang datang, pemeriksaan kesehatan bagi sopir dan penumpang kendaraan yang akan memasuki wilayah Pegaf,” katanya.
Selain pembatasan kunjungan, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi di 10 distrik, pembagian masker, pemeriksaan kesehatan, pembagian hand sanitizer sampai dengan penyemprotan cairan desinfektan diberbagai lokasi.
“Kita akan bentuk posko utama di Distrik Anggi yang akan mengkoordinir semua langkah-langkah yang diperlukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Pegaf,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.