Bupati Hermus Berupaya Kembangkan Sektor Pariwisata Menuju Kemandirian Fiskal

0
114

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Kabupaten Manokwari memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, terutama pada sektor pariwisata. Namun belum dikelola secara maksimal.

Hal ini diakui Bupati Manokwari, Hermus Indou saat ditemui Kamis (3/3/2022). Menurutnya sektor pariwisata menjadi bagian dari strategi pembangunan kemandirian ekonomi di daerah ini.

“Pengembangan wisata di Manokwari juga menjadi bagian dari strategi pembangunan kemandirian ekonomi dan kemandirian fiskal daerah,” kata Hermus.

Dikatakan Hermus, daerah ini memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, namum masih terbatas soal fiskal yang saat ini masih bergantung pada pemerintah pusat.

“Keterbatasan fiskal ini membuat kita bergantung kepada pemerintah pusat dengan pendapatan konfensional, misalnya mengandalkan DAU, DAK dan lainnya,” ujarnya.

Diakui Hermus, potensi sumber daya alam yang cukup besar ini, belum dikelola secara maksimal. Sehingga belum mampu menghasilkan income bagi daerah untuk membangun kemandirian fiskal.

Tugas pemerintah, lanjut Hermus, memastikan regulasi yang bisa menjamin pengelolaan seluruh potensi ekonomi di Manokwari, kemudian perlu memperkuat kelembagaan daerah yang mampu berkolaborasi dan bisa bekerjasama untuk mendorong pengelolaan seluruh potensi ekonomi di daerah ini.

Hermus berupaya mendorong penguatan investasi di daerah ini, agar potensi ini dapat ditawarkan kepada investor, baik di sektor pariwisata maupun pengembangan ekonomi hijau.

“Ekonomi hijau misalnya, kopi, kakao, dan lainnya begitupun disektor kelautan dan perikanan harus bisa kita dorong,” imbuhnya.

Sektor wisata menjadi penting untuk dikelola kedepan, Hermus memastika pengelolaan destinasi wisata harus jauh lebih modern, kompetitif dan mempunyai daya tarik.

“Kalau sudah punya daya tarik bagi wisatan, pada akhirnya berdampak terhadap UMKM, jasa restaurant, hotel dan lainnya semua mendapatkan manfaat dari pariwisata,” tutupnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.