BPK RI Dorong Optimalisasi Wisata Penghasil PAD Menuju Kemandirian Fiskal

0
103

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Anggota VI BPK RI Wilayah Timur, Nyoman Adhi Suryadnyana, saat melakukan kunjungan kerja di Manokwari, Kamis (3/3/2022) menginginkan suatu daerah memiliki kemandirian fiskal. Hal itu dimaksud, agar suatu daerah tak lagi bergantun bantuan dari pemerintah pusat.

“Suatu daerah akan lebih bagus lagi kalau memiliki kemandirian fiskal, sehingga ketergantungan bantuan dari pusat dapat berkurang,” kata Nyoman saat ditemui disalah satu hotel di Manokwari.

Menurut Nyoman, dengan adanya kemandirian fiskal, tingkat kesejahteraan masyarakat di daerah ini dapat meningkat.

Untuk mencapai hal ini, perlu membangun perencanaannya, apa yang akan dibangun harus difokuskan. Seperti fokus pada pariwisata, dengan adanya pariwisata ada pengembangan industri semen, dan lainnya,” kata dia.

Nyoman mengatakan, Manokwari memiliki berbagai objek wisata yang perlu ditingkatkan, terutama pada objek wisata penghasil PAD.

“Objek-objek yang menjadi PAD ini perlu digali lebih dalam, baik secara intensifikasi maupun ekstensifikasi. Kemudian peningkatan PAD yang nanti akan dikejar untuk kemandirian daerah tercapai, butuh waktu untuk proses ini,” ungkapnya.

Untuk mencapai hal itu, lanjut dia, membutuhkan sinergitas antara pemerintah daerah dan instansi fertikal pusat di daerah ini.

“Semua instansi vertikal pusat di daerah ini harus membantu, mulai dari aparat penegak hukum, BPK, kementerian keuangan, bea cukai dan lainnya,” tutupnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.