BI Papua Barat Siapkan Uang Tunai Rp360 Miliar untuk Ramadhan dan Idul Fitri 1443H

0
98
Kantor BI Perwakilan Papua Barat.(Foto: klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Perputaran uang selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1443H tahun 2022 diperkirakan mengami peningkatan. Menenuhi kebutuhan uang kartal periode ramadhan  dan Idul Fitri 2022 yang mengusung tagline “Serambi Rupiah Ramadhan”, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat akan mempersiapkan dan memastikan kecukupan kebutuhan uang,distribusi uang dan layanan kas.
“Para periode Ramadhan dan Idul Fitri 2022 ini, telah dipersiapkan kebutuhan uang kartal sebesar Rp360 Miliar. Kebutuhan uang selama periode Ramadhan tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,28% (YoY) dibanding tahun 2021 yang tercatat sebesar Rp315 Miliar,” ungkap James Wilson LumbanTobing, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Barat, Selasa (22/3/2022).
Dijelaskan, dalam memastikan ketersediaan uang kartal di Provinsi Papua Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat telah menyiapkan beberapa langkah strategis.  Pertama, Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan dan stakeholter terkait memperluas layanan penukaran uang. “Khusus di Kota Manokwari dan sekitarnya, layanan penukaran uang  dilakukan di 11 lokasi layanan bank, 8 lokasi di 2 kas titipan Bank Indonesia di Bintuni dan Sorsel,” katanya.
Kedua, Bank Indonesia akan memberikan layanan penukaran wholesale kepada stakeholder Bank Indonesia di Papua Barat.
Ketiga, akan dilaksanakan penukaran secara ritel kepada masyarakat Papua Barat di 3 lokasi yaitu Manokwari City Mall (MCM), Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi.
Keempat, akan dilakukan penukaran ritel secara bersama dengan berkolaborasi dan sinergi dengan seluruh perbankan di Papua Barat. “Langkah-langkah tersebut tentunya dengan tetap memperhatikan prokes, mengantisipasi kerumunan. Juga diterapkan aplikasi digital melalui www.pintar.go.id. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat menjadwalkan penukaran uang tunai di Kantor Perwakilan BI Papua Barat,” ujar James. (rls/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.