Menumpang Kapal Tidar, Kajati Papua Barat Kunjungi Kaimana 

0
107
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat, Dr. Wilhelmus Lingitubun, SH,MH bersama Istri Ny. Maria Lingitubun, S.Pd,M.Si selaku Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Kejati Papua Barat mengunjungi Kaimana, Rabu (7/4/2021).
Kunjungan kerja perdana orang nomor satu di jajaran Kejaksaan Tinggi Papua Barat ke wilayah hukum Kejaksaan Negeri Kaimana dengan menumpang KM Tidar ini, disambut resmi Kajari Kaimana Sutrisno Margi Utomo dan jajarannya, Forkopimda Kaimana dan sejumlah tokoh masyarakat.
Tibasekitar Pukul 12.30 WIT di Pelabuhan Laut Kaimana, Kajati yangmengenakan seragam dinas Kejaksaan didampingi Ketua IAD disambut tarian adat khas Kaimana yang dilanjutkan dengan pengalungan bunga, serta bersalaman dengan Forkompimda.
Usai prosesi penyambutan di Dermaga Pelabuhan Kaimana, Kajati dan rombongan melanjutkan perjalanan mengunjungi Kantor Kejaksaan Negeri Kaimana di Jalan Nikolas Kabes, Kota Kaimana. Kunjungan Kajati, selain meninjau kondisi kantor juga bersilahturahmi dengan jajaran Kejaksaan Negeri Kaimana.
Sesudahnya, Kajati bersama Ketua IAD dan rombongan, melanjutkan agenda kunjungan kerjanya yakni meninjau lokasi pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri Kaimana di Bantemi Dalam, Jalan Utarom, Kaimana. Di lokasi bakal Kantor Kejari, Kajati bersama Ketua IAD berkenan melakukan penanaman pohon.
Setelah mengunjungi Kantor Kejari dan lahan untuk pembangunan Kantor Kejari yang baru, Kajati dan rombongan beristirahat sejenak sembari menggelar ramah tamah sederhana bersama Forkopimda di Resto Grand Papua Hotel.Acara ini sekaligus menutup seluruh rangkaian kunjungan kerja Kajati dan rombongan di wilayah hukum Kejari Kaimana.
Pelaksana Tugas Harian Bupati Kaimana, Luther Rumpumbo dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan mengucap syukur karena bisa bertemu Kajati bersama Ketua IAD di Kaimana. Diakui, kedatangan Kajati dan rombongan menggunakan kapal laut Tidar merupakan hal yang baru pertama kali terjadi sepanjang kunjungan pejabat selama ini.
“Hari ini sedikit berbeda karena turun dari kapal karena biasanya kita jemput pejabat itu dari pesawat. Tadi orang diatas kapal pasti semua mata memandang ke dermaga, tapi dengan adanya Pak Kajati pakai pakai baju seragam Kejaksaan orang semua pasti tahu. Kami secara pribadi tetapi juga atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Kaimana menyampaikan selamat datang kepada Kajati dan Ibu ke Kaimana,” ujar Luther.
Penjabat Sekda Kaimana ini juga mengatakan, sejak hadirnya Kejaksaan Negeri di Kaimana, hubungan antara Pemerintah Daerah dengan Kejaksaan maupun juga Pengadilan berjalan dengan baik. “Kami selalu buat yang namanya pakta integritas, agar penyelenggaraan pemerintahan di Kaimana ini berjalan baik sesuai yang diharapkan oleh pemerintah pusat, provinsi dan juga oleh masyarakat Kabupaten Kaimana,” tutupnya.
Selanjutnya, setelah kurang lebih satu jam lamanya berada di Kaimana, Kajati dan rombongan selanjutnya kembali ke Pelabuhan Kaimana untuk melanjutkan pelayaran menggunakan KM Tidar menuju wilayah hukum Kejari Fakfak.
Saat ramah tamah dengan Forkopimda, Kajati Wilhelmus menyampaikan rasa syukurnya bisa tiba dengan selamat di Kaimana menggunakan kapal laut. Ia berharap agar koordinasi yang baik antara Kejari Kaimana dengan Pemerintah Daerah serta institusi lainnya dapat terbangun dengan baik.
Kunjungan singkat Kejati Papua Barat dan rombongan ini cukup berkesan di hati masyarakat Kaimana yang turut menyaksikan Kajati dan rombongan turun dari kapal. Pasalnya, belum pernah terjadi selama ini, kunjungan kerja pejabat ke Kaimana menggunakan sarana transportasi laut. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.