KAIMANA,KLIKPAPUA.com– Dibutuhkan sebuah peraturankempaung (Perkam) untuk mengatur pengelolaan perikanan di kawasan Kampung Adijaya, Kambala dan Nusaulan, sekaligus mendukung Jaga Laut di Taman Wisata Perairan (TWP) Buruway.
Demikian satu dari 6 poin kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh para peserta kegiatan konsultasi publik penyusunan rencana pengelolaan perikanan berkelanjutan TWP Buruway pada penutupan kegiatan konsultasi Rabu (31/3/2021) lalu.
Selain peraturan kampung, pada kegiatan selama dua hari 30-31 Maret 2021 tersebut, para peserta juga mendorong pemasangan papan informasi Kawasan UPTD KKP Kaimana-Fakfak disetiap lokasi yang menjadi bagian dari wilayah TWP Buruway, menyepakati pembentukan tim asosiasi pengelolaan perikanan TWP area Buruway, serta memberikan dukungan kepada UPTD KKPD dalam pengelolaan taman wisata perairan area I Buruway maupun lainnya.
Kepala UPTD KKP Kaimana, Eli Auwe, A.Pi mengatakan, potensi perikanan di Kaimana sangat besar sehingga diharapkan tidak diambil secara berlebihan, namun pengelolaannya perlu dilakukan secara berkelanjutan. Dikatakan, rencana tindaklanjut dari pengelolaan perikanan berkelanjutan di Kaimana, akan dibuatkan dalam bentuk Perda baik di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi sesuai kewenangannya.
Kesempatan yang sama, perwakilan Dinas Perikanan Kaimana, Herlina Uberi mengatakan, UPTD KKP Kaimana-Fakfak bersama CII telah melakuan hal yang sangat luar biasa dalam rangka menjaga sumber daya perikanan Kaimana. Ia berharap, kesepakatan untuk mengelola perikanan secara berkelanjutan bisa bermanfaat sampai pada tujuan yang diharapkan bersama.
Raja Komisi Muhammad Nasir Aituarauw juga menyampaikan hal yang sama. Ia mengatakan, program pengelolaan perikanan berkelanjutan sangat baik. Olehnya, dalam pelaksanaannya kedepan lanjutnya, terbangun kerjasama yang baik antara semua pihak yang terlibat.
Menanggapi harapan berbagai pihak, Manager CII Coridor Kaimana-Fakfak Nur Ismu Hidayat, mengatakan, program pengelolaan perikanan akan berjalan secara berkelanjutan. Pihaknya akan selalu mendampingi masyarakat untuk membantu merealisasikan apa yang telah disepakati terutama berkaitan dengan program pengelolaan perikanan berkelanjutan. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.