Kemenag Kaimana Gelar Dialog Kerukunan Intern dan Modernisasi Umat Katolik

0

KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kaimana menggelar Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama dan Modernisasi Beragama Katolik, Selasa (14/5/2024) di salah satu resto Kaimana.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas dari Kementerian Agama yang dilaksanakan dalam rangka untuk bersilahturahmi serta sarana edukasi dan konumikasi untuk menumbuhkan komitmen kerukunan antar umat beragama,’’ kata Kepala Kemenag Kaimana, Mustafa Musa Buatan, saat membuka kegiatan.

Dijelaskan, dialog tersebut, menghadirkan 2 narasumber yakni, Pater Heribertus Lobya, OSA dari Keuskupan Manokawri-Sorong dan Romo Fransiskus, O.Carm dan melibatkan 50 peserta yang berasal dari 2 Paroki dan 1 Stasi.

Menurutnya, Kegiatan itu, mengacu kepada Keputusan Menteri Agama (KMA) RI nomor 495 tahun 2022 tentang penetapan tahun kerukunan sebagai upaya untuk memperkuat antar sesama anak bangsa sekaligus mendukung program Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dijelaskan, Kantor Kemenag merupakan garda terdepan, karena seluruh ASN pada Kantor Kementerian Agama telah memiliki sertifikat moderasi beragama.

”Ada 7 program prioritas Kantor Kementerian Agama yakni, penguatan moderasi beragama, transformasi digital, riivitalisasi KUA, kemandirian pondok pesantren, penetapan tahun kerukunan,” bebernya.

Ia menambahkan selain itu, ada 3 indikator dari kerukunan antar umat beragama yakni, toleransi, kerukunan, kesetaraan dan adanya kerja sama.

Diungkapkan, beberapa waktu kedepan pihaknya akan melaksanakan kegiatan kerukunan intern umat Kristen dan kerukunan intern umat Islam serta kegiatan forum komunikasi umat beragama dengan skala yang lebih besar.

Melalui kegiatan ini diharapkan, dapat menciptakan keharmonisan kerukunan antar umat beragama yang kondusif dan harmonis dengan berbagai heterogen dan kemajemukan yang hakikatnya kita adalah satu.

“Sehingga generasi yang akan datang, bisa memahami pentingnya komitmen kebangsaan yang berlandasakan kepada 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara,”tandasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Pastor Paroki Santo Martinus, Romo Stanislaus Jenambur, O.Carm, Pastor Paroki Santa Monika, Romo Aloysius Du’a, OSA, Diakon Iganisius Dille, dan Pejabat Kantor Kemenag Kaimana dan tamu undangan lainnya. (lau)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.