Gubernur Papua Barat Dapat Award dari PWI

0
843
Gubernur Papua Barat, Deminggus Mandacan menerima award, yang diserakan oleh Ketua PWI Papua Barat, Bustam. (Foto: Ist/klikpapua.com)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat memberikan award kepada Gubernur Papua Barat, Deminggus Mandacan. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi karena Dominggus Mandacan sejak menjadi Bupati Manokwari dua periode, dilanjutkan dengan menjabat caretaker Pegunungan Arfak dan selama menjabat Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan tidak pernah menolak ketika hendak diwawancarai oleh wartawan. Dan sangat terbuka dengan pers.
Atas dasar itulah, maka disaat insan pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Sabtu (15/2/2020) di Aston Niu Hotel Manokwari, PWI pemberikan award itu, yang diserahkan oleh Ketua PWI Papua Barat, Bustam.
Delapan tokoh penerima award dari PWI Papua Barat pada momen HPN 2020 tingkat Provinsi Papua Barat, Sabtu (15/2/2020). (Foto: Ist/klikpapua.com)
Selain Gubernur, award juga diberikan kepada tujuh tokoh lainnya. Yakni Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Onisimus Wayangkau, yang penyerahannya dilakukan oleh Ketua DKP PWI Papua Barat, Key Tokan Abdulasis. Onisimus Wayangkau dinilai cukup konsen mendorong anak-anak Papua meninggalkan miras. Dan tak sedikit telah didorong menjadi anggota TNI-AD.
Selanjutnya, award diberikan kepada Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Tornagogo Sihombing. PWI menilai sejak kehadiran Polda Papua Barat, informasi di lapangan cukup mudah diperoleh oleh wartawan. Penyerahan penghargaan ini diberikan oleh Sekretaris PWI Papua Barat, Matias Renyaan dan diterima oleh Kabid Humas Polda PB, Mathias Krey yang mewakili Kapolda PB.
Penyerahan award juga diberikan kepada Ketua DPR Papua Barat, Origenes Wonggor. Alasan Wonggor diberikan penghargaan, karena salah satu putra Arfak yang mengawali karier politik dari bawah.
Sebelum menjadi Ketua DPR-PB, Wonggor pernah menjabat anggota DPRD Manokwari dua periode. Hal ini dinilai bisa mengispirasi pemuda Papua lainnya, untuk sukses berkarier di dunia politik. Karena tidak hadir, akan diserahkan kemudian.
Tokoh lain yang menerima award, yakni Regina Wutoi, salah satu tokoh perempuan yang dinilai konsisten dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Ketua FJIP Manokwari, Venty Rumbiak. Tokoh lingkungan, Yan Agus Rumbewas juga dinilai konsisten dalam menjaga lingkungan di perairan Manokwari lewat “Komunitas Anak Air Manokwari.” Penyerahan award ini dilakukan oleh Ketua PWI Peduli, Tri Adi Santoso.
Selanjutnya, award berikut diberikan kepada Tokoh Pendidikan, Wempi Kambu oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Widya Prafita. Wempi dinilai cukup kritis dalam memberikan masukan demi perbaikan dunia pendidikan di Manokwari. Dan juga sebagai penggiat budaya Papua.
Terakhir, penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari yang diserahkan oleh Pimpinan Tabura Pos, Roy M. Sibarani kepada Bupati Manokwari  yang diwakili oleh Asisten I. Alasan Kabupaten Manokwari menerima award, karena mengalakkan program nol sampah, dengan berbagai upaya, seperti penyediaan bak sampah dan kendaraan lingkungan (khusus sampah). Upaya lain menyedikan kartu smard city. (bm)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.