DLHP Papua Barat Kenalkan Penggunaan Insinerator Limbah B3 Medis di Manokwari

0
DLHP Papua Barat Sosialisasi Operasional Insinerator Limbah B3 Medis. (foto: klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Papua Barat memperkenalkan operasional fasilitas pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) medis, yang dikenal sebagai insinerator.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Direktur PT. Papua Doberai Mandiri, Direktur PT Wastec International, Lurah Andai, Kepala Distrik Manokwari Selatan, serta masyarakat dari Kampung Katebu dan Masyepi.

Selviana Isir, Sekretaris DLHP Papua Barat menjelaskan, Fasilitas pengolah limbah B3 medis (insinerator) merupakan hibah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat pada tahun 2021.

Hibah ini diberikan sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah limbah medis akibat wabah virus Covid-19 pada tahun 2020, di mana Provinsi Papua Barat saat itu belum memiliki insinerator yang memenuhi standar izin yang berlaku.

“Dengan adanya fasilitas pengelolaan limbah B3 medis ini, diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan pengelolaan limbah medis, yang sebelumnya diserahkan kepada pihak ketiga di luar Pulau Papua. Hal ini juga akan mengurangi biaya bagi penghasil limbah B3, seperti rumah sakit dan klinik,” ujarnya

Dikatakan dia, insinerator ini memiliki kapasitas 150 kg per jam dan diharapkan dapat membakar seluruh limbah dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Selviana menyatakan pentingnya menjaga aset ini untuk memastikan efektivitas pengelolaan limbah B3 medis ke depan.

Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen untuk mengoperasionalkan Fasilitas Pengelolaan Limbah B3 medis ini dengan menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, sehat, dan nyaman.

Sebelum insinerator dioperasikan, telah dilakukan uji Trial Burning Test untuk pengujian emisi gas buang, dan hasilnya menunjukkan bahwa emisi masih berada di bawah ambang baku mutu yang ditetapkan pemerintah.

“Dengan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan, kami berharap insinerator ini dapat meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan dan menjaga kualitas air serta udara di sekitar kita,” terang Selviana.

Sebelum memperoleh izin operasional, fasilitas ini telah melewati proses evaluasi lingkungan hidup di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Ia berharap insinerator dapat mengatasi permasalahan limbah medis di Papua dapat teratasi dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat serta lingkungan. (dra)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.