Sinergi BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, BP3OKP RI, dan PT Genting Oil Kasuri “Wujudkan Kesejahteraan Kesehatan di Papua Barat Melalui Program SRIKANDI”

0

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua Republik Indonesia (BP3OKP RI) bersama manajemen PT Genting Oil Kasuri Pte. Ltd melakukan kunjungan kerja ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Manokwari yang berada di Kampung Ambon, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat pada Senin (23/9/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan seluruh masyarakat, terutama Orang Asli Papua (OAP), dapat terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) guna mencapai Universal Health Coverage (UHC), serta mengoptimalkan pelaksanaan Program JKN di wilayah Papua Barat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, dr. Dwi Sulistyono Yudo, menyampaikan dalam sambutannya pentingnya partisipasi semua pihak, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun Badan Usaha, untuk mendukung keberlanjutan Program JKN.

Ia menekankan bahwa kontribusi aktif dari semua pihak diperlukan agar solusi terbaik bisa dihasilkan demi kesejahteraan masyarakat, khususnya di Papua Barat.

“JKN adalah milik kita bersama. Jika badan usaha tidak mendaftarkan pekerjanya atau pemerintah daerah tidak mendaftarkan warganya, maka cakupan UHC tidak akan tercapai,” ujarnya.

Selain itu, Dwi menegaskan bahwa untuk mencapai UHC atau cakupan peserta BPJS Kesehatan, diperlukan inovasi berkelanjutan dalam merekrut peserta. Salah satu inovasi tersebut adalah Program SRIKANDI (Sinergi Rekrutmen dan Reaktivasi Peserta JKN melalui Pemerintah Daerah dengan Pihak Ketiga).

“Tujuan utama dari Program SRIKANDI ini adalah, pertama, untuk meningkatkan cakupan kepesertaan Program JKN sesuai dengan target RPJMN, kedua, untuk meningkatkan jumlah peserta aktif Program JKN sesuai dengan target ICK DJSN dan ketiga, untuk meningkatkan pendapatan iuran Program JKN,” jelasnya.

Menutup sambutannya Dwi berharap PT Genting Oil Kasuri dapat berkontribusi dalam mendukung pendaftaran penduduk Papua Barat melalui Program SRIKANDI, yang mengedepankan sinergi antara Pemerintah Daerah Bersama pihak ketiga yaitu PT Genting Oil Kasuri serta dorongan dari BP3OKP untuk merekrut dan mereaktivasi peserta JKN.

Sementara itu Manajemen Genting Oil Kasuri Evi Permanasari selaku HR & Services Manager menyatakan pada kesempatan ini telah mendengarkan pemaparan program-program dari BPJS Kesehatan. Evi mengatakan Manajemen Genting Oil Kasuri berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya peningkatan kesejahteraan, terutama bagi para pekerja dalam mengakses layanan kesehatan.

Selain itu, pertemuan tersebut juga menjadi ajang untuk menindaklanjuti hasil audit dari Tim BPJS Kesehatan Cabang Manokwari. Audit ini merupakan langkah penting dalam memastikan kepatuhan terhadap regulasi BPJS Kesehatan, serta menjamin kesejahteraan pekerja melalui Program JKN.

“Kami berharap, kegiatan sosialisasi program-program BPJS Kesehatan ini dapat menjadi acuan bagi perbaikan di masa mendatang. Tentunya, kerjasama antara kami dan BPJS Kesehatan harus terus ditingkatkan demi kesejahteraan pekerja dan masyarakat. Semoga pertemuan ini memberikan manfaat yang nyata bagi PT Genting Oil Kasuri dan BPJS Kesehatan Cabang Manokwari. Melalui pertemuan ini memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi yang akan kami hadapi sekaligus peluang untuk perbaikan di masa depan. Kami juga ingin menyampaikan bahwa seluruh karyawan kami telah didaftarkan dalam Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Ini adalah bentuk kepatuhan kami terhadap regulasi yang ada, sekaligus komitmen kami untuk melindungi kesehatan pekerja,” ujar Evi.

Evi juga mengapresiasi inovasi BPJS Kesehatan dalam meningkatkan cakupan peserta melalui Program SRIKANDI, yang melibatkan sinergi antara pemerintah daerah dan pihak ketiga.

“Terkait Program Srikandi dari BPJS Kesehatan, kami sebagai perusahaan di bawah naungan SKK Migas akan segera menyampaikan informasi ini kepada departemen terkait. Kami juga akan mempelajari lebih lanjut program ini dan mengkoordinasikannya bersama BPJS Kesehatan Cabang Manokwari serta SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) untuk memastikan langkah-langkah yang tepat dalam implementasi program tersebut. Saya mewakili Manajemen Genting Oil Kasuri mengucapkan terima kasih kepada BPJS kesehatan Cabang Manokwari dan semoga kerjasama kita di masa depan semakin baik dan solid;” tutur Evi.

Ketua BP3OKP Perwakilan Provinsi Papua Barat Irene Manibuy,SH.M.Kn menyampaikan terima kasih atas kunjungan PT Genting Oil Kasuri ke Papua Barat. Beliau mengapresiasi dukungan, sumbangsih, dan kerjasama yang telah terjalin antara PT Genting Oil Kasuri dan BPJS Kesehatan Cabang Manokwari.

Dalam sambutannya, Irene BP3OKP menyoroti pentingnya optimalisasi Program Jaminan JKN guna memastikan seluruh masyarakat OAP memiliki akses jaminan kesehatan melalui SRIKANDI, yang melibatkan PT Genting Oil Kasuri sebagai mitra, menjadi salah satu inisiatif penting untuk mencapai tujuan tersebut.

”Program ini sejalan dengan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) 20 tahun (2022-2041) yang diatur melalui Peraturan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2023. Presiden Joko Widodo telah menekankan perlunya semangat baru, paradigma baru, dan cara kerja baru dalam mengelola pembangunan Papua. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lompatan kesejahteraan bagi rakyat Papua dan Papua Barat. Semangat baru ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan PT Genting Oil Kasuri dan BPJS Kesehatan Cabang Manokwari untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih menyentuh kepada Orang Asli Papua,” ucap Irene.

Dalam pertemuan tersebut, Kelompok Kerja Papua Sehat BP3OKP dr.Feliks Duwit,M.Sc,MPH,Sp.PD juga menyampaikan bahwa pertemuan ini fokus pada rekrutmen kepesertaan BPJS Kesehatan, bagi perusahaan yang beroperasi di Papua Barat khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni, seperti PT Genting Oil Kasuri.

“Masih banyak masyarakat di Papua Barat yang belum tercover oleh JKN, oleh sebab itu melalui kolaborasi antara BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, BP3OKP , dan PT Genting Oil Kasuri berkomitmen untuk mempercepat proses pendaftaran dan memastikan semua OAP mendapatkan akses kesehatan melalui JKN,” ucap Feliks.

Feliks mengatakan Program Srikandi diharapkan menjadi solusi dalam memfasilitasi pendaftaran kolektif masyarakat OAP melalui skema pembiayaan yang melibatkan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pihak ketiga yaitu perusahaan PT Genting Oil Kasuri.

“Saya mengucapkan terima kasih atas upaya BPJS Kesehatan yang terus mengingatkan dan menekankan kewajiban Pemerintah Daerah dalam menjamin kesehatan masyarakat, khususnya di Provinsi Papua Barat. Komitmen bersama antara BPJS Kesehatan, BP3OKP, dan PT Genting Oil Kasuri untuk terus memperkuat kerjasama ini sangat penting guna memastikan seluruh masyarakat Papua Barat, terutama Orang Asli Papua (OAP), mendapatkan jaminan kesehatan yang layak. Kami berharap kolaborasi ini dapat secara signifikan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Papua Barat,” tutup Feliks.

Pada sesi penutup, kegiatan diakhiri dengan penyerahan simbolis dari masing-masing instansi sebagai bentuk apresiasi atas sinergi yang telah terjalin. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama, menandakan komitmen bersama untuk meningkatkan layanan kesehatan dan jaminan sosial bagi masyarakat di Papua Barat. (rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.