Tingkatkan Kesejahteraan ASN dan P3K, Pemprov PB Realisasikan Pembangunan 1.500 Rumah Bersubsidi

0
149
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah KPR bagi ASN dan P3K Provinsi Papua Barat, Selasa (18/5/2021) di Andai. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah KPR  bagi ASN dan P3K Provinsi Papua Barat, Selasa (18/5/2021) di Andai, Distrik Manokwari Selatan.
Peletakan batu pertama dihadiri Sekda Papua Barat, Staf Ahli,  Kepala Koperasi Produsen Kasuari Sejahtera Mandiri, Developer PT Papua Internasional Jaya, beserta seluruh pimpinan OPD.
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan pembangunan rumah khusus ASN dan P3K adalah untuk menjawab kebutuhan akan perumahan bagi ASN, P3K yang selama ini sangat dibutuhkan, namun belum terpenuhi karena terbatasnya sumber daya APBD Provinsi Papua Barat.
Menurut Dominggus masih banyak ASN, P3K yang sejak diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil masih menumpang di rumah orangtua, mertua, kerabat dan saudara, karena memang mereka sampai saat ini belum memiliki rumah. “Bahkan sampai pensiun ASN, P3K masih banyak yang belum punya tempat tinggal tetap,” ungkap Dominggus Mandacan saat peletakan batu pertama perumahan KPR.
Diharapkan kedepan semua pihak dapat membantu ASN, P3K yang berpenghasilan pas-pasan untuk mendapatkan kemudahan dalam kepemilikan rumah. “Melalui peletakan batu pertama pembangunan rumah khusus ASN, P3K hari ini saya ajak kita semua mencatat sebagai tonggak baru dalam kebijakan saya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi ASN dan P3K melalui pembangunan rumah bersubsidi, yang dibangun sebanyak 1500 unit rumah di atas tanah seluas 60 hektar,” ujar Gubernur.
Dominggus mengatakan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) untuk tahap awal akan dibangun 350 unit rumah, dengan luas tanah 135 M2, model subsidi untuk tipe 36 dan untuk pejabat eselon luas tanah 150 M2 model non subsidi untuk type 45.
Tujuan daripada pembangunan rumah khusus ASN, P3K ini menurutnya, adalah untuk memberikan fasilitas kemudahan meringankan beban ASN  dan P3K dalam memenuhi kebutuhan akan rumah, sehingga diharapkan hunian tempat tinggal ini menjadi sarana pembinaan keluarga yang dapat menunjang pelaksanaan tugas ASN dan dapat meningkatkan kualitas hidup demi terwujudnya kesejahteraan ASN dan P3K.
“Diharapkan pembangunan perumahan KPR ini selesai tahun ini dan sudah dapat ditempati ASN dan P3K. Pembangunan perumahan KPR Korpri ini dipercayakan kepada Koperasi Kasuari Sejahtera Mandiri kerjasama dengan PT Papua Internasional Jaya,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.