Tim Malaria Kontrol Dinkes Periksa Kesehatan Personil TMMD ke 111 di Kampung Idoor 

0
78
BINTUNI,KLIKPAPUA.com— Tim malaria kontrol dari Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni memeriksa kesehatan personil Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111, di Kampung Idoor, Distrik Wamesa, Kamis (1/7/2021).
Tim malaria kontrol, Dinkes Teluk Bintuni sampai di Kampung Idoor, pada sore hari, setelah melakukan perjalanan melalui jalur laut. Selanjutnya tim melakukan pekerjaan memeriksa kesehatan personil TNI, guna memastikan tidak ada yang terkena malaria di lokasi TMMD.
Satu persatu personil anggota Satgas TMMD diambil sampel darah untuk diperiksa. Pemeriksaan hingga malam. Hasilnya dipastikan semua personil dalam keadaan sehat aman dari serangan malaria. “Tim malaria kontrol, Dinkes Kabupaten Teluk Bintuni, memberikan bantuan dengan melaksanakan pemeriksaan Malaria kepada personil TMMD,” kata Dandim 1806 Teluk Bintuni Letkol Inf. Kadek Abriawan melalui Plh. Pasiter, Lettu Inf. Rony Sugiono
Dikatakannya, tim malaria kontrol yang datang yakni Suhartono menjabat Ketua Tim Malaria Control, Dinas Kesehatan, dan anggota Riswandi sebagai Krosceker Malaria. Pasiter mengungkapkan metode yang digunakan yakni rapid tes malaria atau RDT.  Metode pemeriksaan RDT malaria adalah imunokromatografi yang mendeteksi antigen Plasmodium dalam darah dengan menggunakan reaksi antigen-antibodi pada strip nitroselulose. Kompleks antigen-antibodi terkonjugasi menjadi emas koloid, dan hasil positif terlihat sebagai garis berwarna merah atau ungu-merah. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.