Pemkab Bintuni Plotkan Anggaran Pilkada di APBD 2023

0
Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw
BINTUNI,KLIKPAPUA.com— Terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Gubernur, Pemerintah Daerah Teluk Bintuni akan menghibahkan anggaran kepada KPU Teluk Bintuni di tahun anggaran 2023.
Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw Rabu (9/11/2022) ketika dikonfirmasi soal dana hibah pilkada mengatakan, akan ada dana puluhan miliar yang akan digelontorkan untuk KPU untuk hajat penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Gubernur.
“Kita menunggu hasil rapat hari ini dari masing-masing kabupaten/kota akan menyampaikan rencana anggaran, setelah validasi dan sebagainya kita anggarkan di APBD 2023,” ujarnya.
Dikatakan, selama ini Pemda Teluk Bintuni sudah membantu KPU dalam persiapan tahapan-tahapan sejak tahun anggaran 2022.
Ketika ditanya apakah akan ada kenaikan dana hibah, Bupati mengataka,n akan ada sedikit penurunan karena beberapa daerah yang berat seperti Moskona sudah mulai bisa ditembus jalan darat sehingga tidak terlalu menyerap anggaran transportasi begitu besar.  “Tentunya itu pasti kita sudah rasional kan dengan KPU jadi tetap kita dukung,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KPU Teluk Bintuni Heri Arius Salamahu ketika dikonfirmasi mengenai besaran kebutuhan anggaran pilkada mengatakan, KPU Teluk Bintuni sudah menghitung kebutuhan anggaran pilkada tahun 2024.
Ketua KPU Teluk Bintuni Heri Arius Salamahu
Kebutuhan anggaran KPU adalah sebesar Rp.78 Miliar yang akan dibebankan ke Pemda Teluk Bintuni sebesar Rp.59 Miliar, sementara sisanya sebesar Rp 19 Miliar akan dibebankan ke Pemerintah Provinsi.
“Anggaran sebesar itu yang paling banyak menyerap adalah bidang logistik yang berkaitan dengan pencoblosan, pencetakan surat suara, kotak suara, bilik suara dan transportasi,” ungkapnya.
KPU akan memastikan terlebih dahulu anggaran tersebut  bersama TAPD daerah, kemudian jika sudah disetujui maka akan dituangkan melalui surat perjanjian kerja KPU dan Pemda.
“Kita pastikan dulu kemudian kita akan bicarakan dengan Tim TAPD, ketika sudah di clearkan sepakati baru kita pastikan melalui hibah dengan perjanjian kerja,” pungkasnya. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.