Tambah 1 Orang di Kota Sorong, Positif Covid-19 di Papua Barat Jadi 8 Kasus

0
232
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat dr. Arnoldus Tiniap. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat dr. Arnoldus Tiniap mengatakan, hari ini, ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19  yang berasal dari Kota Sorong, berjenis kelamin perempuan (47).
“Jadi total untuk Kota Sorong 5, Kabupaten Manokwari 2 dan Kabupaten Teluk Bintuni 1, sehingga total jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ada 8 orang,“ ungkap dr. Arnold saat ditemui wartawan di sekretariat Covid-19 Papua Barat di Swiss- Belhotel, Selasa (21/4/2020).
Dijelaskan dr.Arnold, jika melihat riwayat penambahan 1 terkonfirmasi positif Covid-19, yang bersangkutan sama sekali tidak melakukan pejalanan keluar Kota Sorong. “Hanya tinggal di Kota Sorong saja, sehingga bisa disimpulkan  untuk tiga pasien yang terakhir di Kota Sorong ini semua itu terjadi karena adanya transmisi lokal,“ terangnya.
Lanjut dr. Arnold mengatakan, dengan adanya tiga kasus ini, sehingga perlu menjadi perhatian  masyarakat, bukan hanya di Kota Sorong tetapi di Manokwari dan kota-kota lain yang memang memiliki aktifitas tinggi.
“Sebagai pintu masuk seperti Kota Sorong, dan Kota Manokwari jadi kemungkinan transmisi lokal itu terjadi. Nyatanya di Kota Sorong sudah ada 3 pasien terkonfimasi positif Covid-19 melalui transmisi lokal, “ jelasnya.
dr Arnold menambahkan, untuk Kabupaten Teluk Bintuni sendiri ada pasien perempuan yang mengalami keluhan  batuk, sakit persendirian, sehingga dilakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya positif, sehingga dilakukan pengambilan swabnya untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya.
Update Data Terbaru
Sesuai update data terbaru pertanggal 21 April 2020, Tim Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat melaporkan untuk Orang Tanpa Gejala  (OTG ) terdapat 222 orang. Yang dalam pemantauan 149 orang, selesai pemantauan 73 orang.
Dengan rincian di Kabupaten Kaimana 4 orang  masih dalam pemantauan. Teluk Wondama 12 dan semuanya telah selesai pemantauan. Kabupaten Teluk Bintuni  30 orang, semuanya masih dalam pemantauan, Kabupaten Manokwari 61 semua masih dalam pemantauan.
Kabupaten Sorong 24 orang, 19 dalam pemantauan dan 5 selesai pemantauan.  Kota Sorong  dengan jumlah OTG sebanyak 85, 29 dalam pemantauan, dan 56 selesai pemantauan. “Untuk OTG sendiri hari ini mengalami penambahan sebanyak 40 orang,” ujar dr. Arnoldus.
Lebih lanjut dr. Arnold menyampaikan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 666. Dalam pemantauan 150 dan selesai pemantauan 516. Dengan rincian Kabupaten Fakfak ODP  128, Dalam pemantauan  30, selesai 98. Kabupaten Kaimana ODP 14, dalam pemantauan 2 selesai 12, Kabupaten Teluk Wondama 18,  dalam pemantauan 3, selesai 15, Kabupaten teluk Bintuni ODP 3 dalam pemantauan 1 selesai 2.
Untuk Kabupaten  Manokwari ODP sebanyak 171, dalam pemantauan 28 , selesai 143. Kabupaten Sorong Selatan ODP 105, dalam pemantauan 8, selesai 97. Kabupaten Sorong ODP 53, dalam pemantauan 12, selesai 41. Kabupaten Raja Ampat Total 33, dalam pemantauan 10 selesai  23. Kabupaten Manokwari Selatan  ODP 4, dalam pemantaun 1, selesai pemantauan 3. Kabupaten Pegunungan Arfak ODP 3, semuanya masih dalam pemantauan, Kota Sorong total 134, dalam pemantauan 52, selesai 82. ODP sendiri juga mengalami penambahan  sebanyak 8 orang.
Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) total 32 dalam pengawasan 12, dan selesai 20.  Dengan rincian Kabupaten Kaimana ada 1 PDP yang masih dalam pengawasan. Kabupaten Manokwari PDP ada 8, 2 dalam pengawaan, 6 selesai, Kabupaten Sorong Selatan total 3 PDP dan semua selesai dalam pengawasan. Kabupaten SoronPDP 1 dan masih dalam pengawasan, Kabupaten Raja Ampat PDP 1 orang dan masih dalam pengawasan.  Kabupaten Manokwari Selatan ada 1 PDP yang msih dalam pengawasan, dan Kota Sorong  total PDP 17, dalam pengawasan 6 selesai 11. “Untuk PDP malam ini tidak ada penambahan,”  ungkapnya.
Selanjutnya, pengambilan swab sebanyak 192 orang. Sudah dikirim 192, hasil yang diterima 52. Dengan rincian Kabupaten Kaimana 6 sampel sudah dikirim dan hasilnya semua negatif.
Kabupaten Teluk Bintuni pengambilan swab sebanyak 44, hasil yang terima 7 menunggu hasil 37 dengan hasil pemriksaan positif 1 negatif 6. Kabupaten Manokwari pengambilan swap sebanyak 30, hasil yang diterima 9, menunggu hasil 21, positif 2 negatif 7.
Kabupaten Raja Ampat pengambilan swap 17 masih menunggu hasil 17. Kabupaten Mansel pengambilan swap 5 hasil yang terima 3 menunggu 2 hasil pemeriksaan negatif 3. Kota Sorong untuk mengambilan swap 90, dikirim 90, hasil yang terima 27 menuggu 63, dengan hasil pemeriksaan positif 5 negatif 20.
Jangan Kucilkan
dr. Arnold mengimbau kepada warga masyarakat di Papua Barat agar tidak mengucilkan mereka yang terkena Covid-19.
Pasalnya, virus ini dapat mengenai  (menginfeksi ) siapa saja tanpa pernah disadari. “Tanpa pernah kita tau dan terjadi bukan karena keinginan kita, sehingga kita tidak perlu mengucilkan, menstigma atau menganggap orang yang terinfeksi sebagai aib,“ kata dr.Arnold.
Ia juga mengajak warga untuk meenjauhi penyakit tersebut, dengan cara tidak melakukan kontak dekat dengan siapa saja. “Kita harus memberikan dukungan kepada mereka yang positif,agar sembu,” ajak dr. Arnold. (aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.