Warsambin Kini Resmi Jadi Kampung Binaan Polsek Waigeo Selatan

0
152
Berpose bersama pihak Polres Raja Ampat dengan warga Kampung Warsambin, Distrik Waigeo Selatan, Raja Ampat. (Foto: Ist)
WAISAI, KLIKPAPUA.com–Kampung Wisata Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, kini resmi menjadi kampung Binaan Polsek Waigeo Selatan, Polres Raja Ampat. Kampung wisata Warsambin diresmikan  belum lama ini oleh Kapolres Raja Ampat, AKBP. Andre J.W. Manuputty, S.IK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Raja Ampat, Ny. Rika Andre Manuputty.
Hal ini disampaikan Kapolsek Waigeo Selatan, IPDA Rifki Istanto, S,.Tr,.K ketika dikonfirmasi awak media dikediamannya,  kompleks Mapolres, Waisai, Sabtu (16/1/2021).
Kapolres Raja Ampat, AKBP Andre J.W.Manuputty,S.IK didampingi Kapolsek Waigeo Selatan, IPDA Rifki Istanto, S,.Tr,.K saat sosialisasi bersama warga Warsambin. (Foto: Ist)
Rifki mengatakan, tujuan memilih kampung wisata warsambin menjadi kampung Binaan, berawal ketika, melihat latar belakang dari pada potensi yang dimiliki kampung tersebut seperti, seni, budaya ataupun pariwisatanya dinilai belum ada perhatian sejak beberapa tahun terakhir ini.
“Maka dari itu, kami jajaran Polsek Waigeo Selatan berinisiatif mendorong sekaligus memberikan dukungan pada warga setempat untuk membentuk sebuah kampung menjadi kampung wisata warsambin. Setelah itu kampung wisata warsambin pada nantinya akan kita perhatikan baik itu dari sektor, seni dan budaya maupun pariwisatanya,” jelasnya
Dari beberapa perencanaan pembangunan yang nantinya  dikembangkan di kampung wisata warsambin diantaranya, pertama membangun sebuah sanggar yang dinamakan sanggar Bhayangkara. Dimana sanggar tersebut berfungsi sebagai tempat belajar warga. Tak hanya itu, sanggar itupun akan dijadikan pusat belajarnya anak – anak yang sedang menjalani pendidikan sekolah.
Kemudian, menjadikan sebagai sarana beribadah baik yang beragama muslim seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) serta Pusat Sekolah Minggu bagi yang beragama Kristen. Sekaligus jadikan pusat penggiat warga membuat kerajinan yang merupakan karya seni khas kampung itu sendiri.
Karena itu, sambung Rifki, pembentukan kampung wisata warsambin tak terlepas dari dukungan warga masyarakat yang memiliki kewenangan diantaranya, kepala kampung wisata warsambin, Yunus Mambrasar, Mantan Kepala Kampung Warsambin, Yakub dikenal sebagai pemilik tanah hak ulayat, serta Alfred Mentasan yang dipercaya mengelolah objek wisata kali biru Kampung Wisata Warsambin.
“Kita sudah melaksanakan pertemuan, sekaligus merencanakan beberapa program yang akan kita bangun setelah itu, dikembangkan diwilayah kampung wisata tersebut. Semoga partisipasi dari warga masyarakat, pemerintah kampung dan pihak-pihak terkait apa yang direncanakan bersama bisa berjalan dengan baik. Sehingga harapan yang selama ini warga inginkan dengan adanya bangunan sanggar seni beserta fasilitasnya bisa terwujud secepatnya,”ujarnya
Selain dijadikan kampung wisata warsambin sebagai kampung Binaan, Polsek Waigeo Selatan, sebelumnya pihaknya telah membentuk kampung Binaan lainnya seperti, Kampung Persiapan Napirboi, yang dijadikan sebagai Kampung Berdikari. Disamping itu, kampung berdikari persiapan Napirboi awal dibentuk dalam situasi Pandemi Covid-19 terdapat beberapa sektor seperti sektor keamanan, ketahanan pangan, dan ketahanan kesehatan mengalami kekurangan maupun krisis.
“Hal inipun berdasarkan instruksi Presiden RI maupun instruksi Kapolda Papua Barat. Maka dari itu dibentuklah Kampung Persiapan Berdikari Napirboi diwilayah distrik Waigeo Selatan yang mencakup tiga aspek yaitu, ketahanan pangan, kesehatan dan keamanan. Tentunya mendorong warga untuk menanam sayur disekitar rumah atau dilahan kosong. Karena di era Pandemi ini dinilai sangat minim dan terbatas, ” paparnya.
Sembari menambahkan, ketahanan kesehatan disiapkan Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk melayani warga setempat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan sediakan Pos Kamling untuk ketahanan keamanan. “Diketahui, Polsek Waigeo Selatan sendiri membawahi 13 Distrik diantaranya, Distrik Waigeo Selatan, Waisai Kota, Waigeo Barat Kepulauan, Dsitrik Waigeo Barat Darat, Miosmansar, Batanta Utara, Batanta Selatan, Distrik Salawati Utara, Distrik Salawati Tengah, Distrik Salawati Barat, Distrik Teluk Mayalibit, Distrik Tiplol Mayalibit, Distrik Waigeo Timur. Diantaranya, 47 kampung termasuk 4 kelurahan.”Namun, sementara ini yang sedang diorbitkan yaitu, Kampung Wisata Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit dan Kampung Berdikari Persiapan Napirboi Distrik Waigeo Selatan,” tutup Rifki Istanto. (djw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.