Raih Medali Emas Bidang Otomotif, SMK di Papua Barat Mampu Bersaing di Kancah Nasional

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua Barat tahun ini turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional, dan berhasil meraih medali emas untuk Papua Barat pada Oktober lalu.

Lomba tersebut digelar oleh Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional pada Oktober lalu.

SMKN 1 Sorong menjadi satu-satunya perwakilan Papua Barat meraih medali emas pada bidang otomotif.

Hal ini dijelaskan Aries Mofu, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Papua Barat bahwa SMKN 1 Sorong berhasil menyingkirkan juara umum berturut-turut yakni Provinsi Jawa Barat pada bidang Otomotif.

Disebutkan juga, dari 8 bidang lomba yang diikuti, 1 diantaranya meraih medali emas dan 5 medali exellence.

“Dengan raihan enam medali ini, Papua Barat dari posisi 30 besar, saat ini bertengger diurutan 11 besar. Ini menunjukkan bahwa SMK di Papua Barat mulai berkembang,” tuturnya Selasa (29/11/2022).

Mofu mengutarakan, dengan raihan prestasi ini, Dinas Pendidikan akan meningkatkan berbagai fasilitas terutama pada 4 komponen seperti SDM Guru, Kepala sekolah, pembinaan terhadap siswa siswi dan Peningkatan fasilitas.

Mofu membeberkan, Penguasaan bahasa asing seperti Bahasa Inggris sangat penting bagi pelajar SMK, pasalnya disetiap ajang bergengsi, kemampuan Berbahasa Asing menjadi tolak ukur peningkatan SDM.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Asing pelajar SMK di daerah ini, harus diasah melalui lomba yang dikemas debat bahasa Inggris. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.