Pj Gubernur Papua Barat Bersama Istri Disambut Berbagai Prosesi Adat

0
110

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Drs Paulus Waterpauw bersama Istri Roma Pasaribu tiba di Bandara Rendani pada pukul 08:30 WIT, menggunakan Pesawat Batik Air.

Pantauan klikpapua.com kedatangan Penjabat Gubernur Papua Barat beserta Istri di sambut langsung oleh mantan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan mantan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, Sekda Papua Barat Nathaniel Mandacan, bersama forkopimda Papua Barat.

Penjemputan Penjabat Gubernur Papua Barat disambut dengan berbagai tarian adat dari Kabupaten Fakfak dan Kaimana.

Penjabat bersama Istri disambut Tarian Tumyor yang diiringi lagu Swodebe yang menceriterakan tentang seorang pemimpin yang kembali ke kampung dan negerinya. Dan akan memimpin kaum keluarganya di negerinya sendiri.

Tarian ini dimainkan oleh group Tari Sanggar Tomandin suku Mbaham Matta Fakfak, sekaligus dilakukan pengalungan Tomang oleh Nasin Hegemur selaku perempuan muda asal Kaimana.

Selain tarian dari Kabupaten Fakfak dilakukan juga tarian penjemput dari Kaimana yang dinamai Tarian Tifa Panjang yang di bawakan dari mana-mana Papua.

Berbagai prosesi dilakukan hingga prosesi injak piring oleh Penjabat Gubernur dan pengalungan manik-manik dari Sekda kepada Penjabat Gubernur.

Selain itu, prosesi penyerahan penjabat Gubernur kepada mantan Gubernur Papua Barat yang juga Kepala Suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan, Kepala Suku Besar Arfak Keliopas Meidodga, Sekda Nataniel Mandacan dilakukan dari suku Fakfak dan Kaimana kepada tiga Kepala Suku Besar Arfak yang ada di Papua Barat.

Di samping prosesi adat, di luar ruang VIP bandara terpampang berbagai spanduk ucapan dalam menyambut Penjabat Gubernur Papua Barat beserta istri dan juga di meriahkan dengan tarian-tarian dari berbagai daerah.(aa)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.