Penambahan Wakil Ketua IV dari Fraksi Otsus, DPR-PB Sahkan Tatib Revisi

0
74
Wakil Ketua II DPRD Papua Barat, H.Saleh Siknun
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–DPR Papua Barat berhasil merevisi sejumlah hal dalam tata tertib kedewanan, salah satunya terkait pengisian jabatan wakil Ketua IV dari Fraksi Otonomi Khusus (Otsus).
Hal itu dibahas dan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR Papua Barat dalam rangka penetapan dan pengesahan revisi tata tertib (Tatib) DPR Papua Barat, masa jabatan 2019-2024, Kamis (17/2/2022) di Ball Room Hotel Aston Manokwari.
Wakil Ketua II DPRD Papua Barat, H.Saleh Siknun, mengatakan, ada beberapa hal yang mengalami perubahan dalam rapat paripurna Tatib DPR Papua Barat, salah satunya yang menjadi titik konsentrasi dan perioritas adalah terkait pengisian jabatan wakil ketua IV DPR Papua Barat dari Fraksi Otsus, sesuai amanat UU Otsus nomor 2 tahun 2021 bahwa untuk anggota DPR jalur pengangkatan diberikan kesempatan oleh negara untuk mengisi jabatan wakil ketua IV.
“Untuk itu DPR Papua barat sudah melaksanakan rapat paripurna tatib terkait pengisian jabatan tersebut. Jadi ruangnya sudah kami berikan, terkait dengan mekanisme dan lainnya akan di sampaikan,”ungkap Signun.
Ia mengatakan, terdapat perubahan dan penambahan pasal,  sebelumnya hanya 1 ketua dan 3 waket karena jumlah anggota DPR PB kurang dari 75 orang, tetapi dalam UU nomor 2 diberikan ruang untuk mengisi jabatan waket 4 oleh salah satu anggota dari fraksi Otsus.
Sebelumnya lanjut Signun, rapat paripurna dalam rangka penetapan dan pengesahan Tatib DPR Papua Barat ini ditunda. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rapat paripurna yang tertunda Rabu (16/2/2022) kemarin karena tidak memenuhi kuorum.
“Dan hari ini, sesuai tatib DPR Papua barat dan sesuai daftar hadir, jumalah anggota yang hadir sudah memenuhi kuorum, jadi rapat dilaksanakan,” tutup Signun. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.