Operasi Keselamatan Mansinam Dimulai, Ini Sasarannya

0
80
Kasat Lantas Polres Manokwari Iptu Subhan S. Ohoimas, (Foto: Elyas/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Guna menciptakan rasa aman saat berkendara di jalan, Polres Manokwari melalui Satlantas, menggelar Operasi Keselamatan Mansinam 2022 dimulai sejak 1-14 Maret.
Kasat Lantas Polres Manokwari Iptu Subhan S. Ohoimas, Selasa (1/3/2022) menerangkan, operasi ini guna menciptakan kondisi rasa aman menjelang perayaan bulan Ramadhan dan Idul Fitri di daerah ini.
Subhan menjelaskan, target prioritas selama pelaksanaan operasi keselamatan mansinam 2022, akan menyasar kepada pelanggar lalu lintas.
Pertama, penggunaan handphone ketika mengendarai kendaraan. Kedua, pengendara dibawah umur, ketiga tidak menggunakan helm baik pengendara maupun penumpang.
Keempat, berboncengan lebih dari satu atau gonceng tiga (goti). Kelima, berkendara saat dipengaruhi minuman beralkohol. Keenam, melawan arus, dan ketujuh penggunaan safetbelt. “Kemudian selain ketujuh sasaran itu, tak kalah penting pelanggaran terhadap overdimensi, overload (Odol),” terang Subhan
Dikatakan, Odol dianggap penting karena masuk dalam ranah kejahatan, karena selain berpengaruh terhadap ekonomi juga merusak infrastruktur jalan serta mengganggu situasi arus lalu lintas di jalan.
“Ini menjadi target kita dalam melaksanakan tugas pada operasi keselamatan mansinam ini. “egiatan ini lebih mengedepankan preemtif dan preventif, pelaksanaan di lapangan kita maksimalkan untuk humanis lebih bersifat edukatif sehingga adanya masyarakat lebih memahami terkait dengan menciptakan budaya tertib lalu lintas,” tuturnya.
Lebih lanjut dikatakan Subhan, kegiatan represif dalam hal penindakan pelanggaran akan menjadi bagian terakhir yang diambil oleh petugas apabila kedua tindakan yang diambil tidak diindahkan oleh masyarakat atau tindakan terhadap pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kemacetan parah atau menimbulkan kecelakaan.
Kegiatan tersebut tidak hanya difokuskan di wilayah kota, namun akan menyisir di daerah penyangga seperti Maruni, dan merata sampai daerah penyangga seperti dataran Wapramasi. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.