Ny Yuliana Mandacan Lantik Ketua Dekranasda Manokwari, Mansel, Pegaf dan R4

0
112
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat, Ny Juliana A.Mandacan resmi melantik empat Ketua Dekranasda, yakni Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Raja Ampat di audotorium PKK Provinsi Papua Barat, Sabtu (27/2/2021).
Pelantikan Ketua Dekranasda 4 kabupaten di hadiri langsung Pembina Dekranasda  Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Pembina Dekranasda di 4 kabupaten, beserta Forkopimda Papua Barat.
Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny. Juliana Mandacan mengucapkan selamat kepada Ketua Dekranasda di 4 kabupaten yang baru saja di lantik. Dekranasda merupakan mitra pemerintah untuk menggali, melindungi, mengembangkan seni kerajinan yang berbasis nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin.
Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dekranasda jabatan-jabatan tertentu dan prinsip dalam kepengurusan dekranasda baik provinsi maupun kabupaten/ kota adalah jabatan exposien, secara otomatis Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten/ Kota adalah istri Gubernur, Bupati/ Walikota. Jika gubernur, bupati walikota perempuan maka Ketua Dekranasda dapat di ketua oleh suami kepala daerah dan atau ditunjuk oleh pembina dekranasda sesuai dengan kebutuhan.
Untuk jabatan ketua harian dan bidang-bidang adalah kepala OPD yang menangani bidang industri, perdagangan, koperasi dan usaha kecil menengah, kebudayaan dan pariwisata, pemberdayaan masyarakat, serta instansi pemerintah lainnya.
“Selanjutnya ketua dekranasda kabupaten/ kota dilantik oleh Ketua Dekranasda Provinsi, sedangkan pengurus Dekranasda Kabupaten/ Kota disahkan dengan keputusan Ketua Dekranasda Provinsi, sedangkan pelantikan pengurusnya dilakukan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota,” jelasnya.
Ny.Juliana berharap kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Raja Ampat segera menyusun keanggotaan dan menyampaikan kepada Dekranasda Provinsi Papua Barat untuk selanjutnya dibuatkan SK kepengurusan sekaligus pelantikan kepengurusannya. “Kita harus bekerjasama dan saling bersinergitas dan berkoordinasi antara Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten/Kota, agar hasil pembenahan terhadap para perajin dapat maksimal,” tuturnya.
Ditambahkan Ny.Juliana, sehubungan dengan status tanggap darurat terkait penanganan pandemi Covid-19, Dekranasda Provinsi Papua Barat melaksanakan program Dekranasda Papua Barat peduli. Semua itu karena kepedulian Dekranasda Papua Barat pada situasi pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini, termasuk di Papua Barat.
“Dekranasda Peduli kita membantu perajin yang terdampak, sehingga Dekranasda Papua Barat merasa perlu meringankan beban para perajin binaan  kabupaten/kota di Provinsi Papua barat dengan pemberian bantuan barang kebutuhan pokok dan stimulus bagi para perajin binaan dekranasda kabupaten/kota yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 dan akan terus dilaksanakan pada tahun 2021,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.