Gubernur: Dekranasda Wadah Melestarikan Seni Kerajinan di Papua Barat

0
101
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyampaikan selamat kepada pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota yang baru saja dilantik oleh Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny Juliana Mandacan.
Gubernur Dominggus Mandacan, sekaligus Pembina Dekranasda Papua Barat mengatakan, dalam membangun Bangsa, tentu tidak lepas dari pembangunan budaya, yang lahir, bertumbuh dan berkembang dalam keseharian kehidupan masyarakat.
Salah satunya adalah kerajinan, dan untuk menggali, mengembangkan melindungi serta melestarikan seni kerajinan yang merupakan hasil karya masyarakat yang berbasis pada warisan nilai budaya bangsa, tentunya membutuhkan wadah yang tepat. Hal ini disampaikan Gubernur saat sambutan pada acara pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Raja Ampat, Sabtu (27/2/2021) di audotorium PKK Papua Barat.
Menurut Dominggus, Dekranasda adalah salah satu wadah untuk melestarikan seni kerajinan, serta untuk meningkatkan kesejahteraan para perajin itu sendiri.
Sebagai organisasi yang independen dan nirlaba dengan fungsinya sebagai mitra pemerintah, tentunya diharapkan dapat membuat program-program strategis bagi peningkatan kesejahteraan perajin, khususnya Orang Asli Papua, agar mampu bersaing hingga ke pasar Nasional atau internasional. “Kita ketahui bersama Papua merupakan surga kecil yang jatuh ke bumi, khususnya
di Provinsi Papua Barat, kita telah ketahui bersama memiliki berbagai bentuk karya seni, kerajinan dengan ciri khas masing-masing daerah yang berbeda-beda, yang harus dilindungi serta dilestarikan keragamannya. Ketua dan pengurus Dekranasda Kabupaten yang baru saja dilantik memiliki tugas dan tanggung jawab bagaimana menjawab tantangan tersebut serta bagaimana memberdayakan masyarakat Asli Papua di masing-masing kabupaten/kota,” harapnya.
Ia juga mengharapkan dukungan dari para Bupati/Walikota yang juga sebagai Pembina Dekranasda Kabupaten/ Kota untuk terus mendorong program-program yang dibuat oleh Dekranasda Kabupaten/Kota yang di sinergitaskan dengan program-program Dekranasda Provinsi. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.