Komisi IX DPR-RI Serap Aspirasi ke Papua Barat

0

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com-Komisi lX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melakukan kunjungan kerja masa sidang III ke Provinsi Papua Barat.

Kunjungan rombongan Komisi IX DPR RI ini dipimpin Ketua Tim Kunker Komis IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena yang disambut Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, Asisten II Setda Papua Barat Bidang Ekonomi Pembangunan Melkias Warinussa.

Pertemuan DPR RI dengan Pemprov Papua Barat masa persidangan ke-III tahun sidang 2021-2022, Senin (21/2/2022) di Aston Niu Manokwari tersebut dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat Papua Barat, sebagai masukan dalam pertemuan ini, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan perkembangan vaksinasi Covid-19.

“Jadi kunjungan kami rombongan dari Komisi IX DPR RI untuk menyerap aspirasi masyarakat Papua Barat sehingga menjadi masukan dalam pertemuan ini untuk kami tindaklanjuti di pusat,” ungkap Emanuel.

Dikatakan, dengan adanya pandemi Covid-19  Komisi IX melihat bahwa baik persolaan kesehatan dan ketenagakerjaan di Papua Barat ini merupakan atensi bersama baik dalam aspek penurunan Covid-19 dan tentu bagaimana  mendorong agar penguatan SDM di Oapua Barat harus dioptimalkan.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk tantangan terbesar saat ini melalui aspek kesehatan dilihat bahwa penanganan pandemi Covid-19 saat ini tentu mengalami pola baru dalam menangani omicron di tanah air.

“Untuk mengatasinya bagaimana kita mengoptimalkan potensi diaspek ketenagakerjaan terkait program kartu pra kerja dan sebagainya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan ada beberapa hal yang dilihat sebagai catatan untuk BPJS tenaga kerja perlu dioptimalkan untuk bisa menjangkau kepesertaaan bagi pekerja non ASN, informal, dan pekerja rentang yang butuh dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota se Papua barat.

Sementara Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, memberikan apresiasi atas kunjungan rombongan Komisi IX DPR RI tersebut.

“Tentu kunjungan ini, dalam rangka mendengar berbagai hal terkait kerja-kerja dari Pemerintah Provinsi Papua Barat, secara khusus hasil dan progres yang sudah dicapai di Papua Barat,” tuturnya.

“Saya berharap dalam kunjungan ini, kemudian ada bekal yang di bawa DPR-RI untuk ditindaklanjuti di tingkat pusat, sebagai bagian dari pembangunan bangsa,”ungkap Lakotani.

Ia juga melaporkan kondisi bandara udara Rendani saat ini masih dalam proses perpanjangan runway. Sehingga mohon maaf jika mengganggu kenyamanan saat rombongan tiba di bandara.

“Diujung bandara sebelumnya ada permukiman tetapi sudah digusur Pemda Manokwari setelah melakukan ganti rugi dan proses perpanjangan sekarang sedang berlangsung,” ucap Lakotani melaporkan.

Pantauan klikpapua.com dimana dalam pertemuan tersebut dihadiri juga OPD teknis terkait mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, Dinas BKKBN, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kehadiran dinas terkait sekaligus memaparkan capaian hasil dan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 oleh Dinas Kesehatan, dan Ketenaga kerjaan oleh Kepala Disnaker Papua Barat. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.