Jaring Aspirasi ke Mansel, Maxi Ahoren Minta Pemda Bantu Kembangkan Tambak Ikan Bandeng

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat Maxi Nelson Ahoren melakukan penjaringan aspirasi di kampung Dembek, Distrik Momi Waren, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) pada, Sabtu (7/1/2023).

Pada penjaringan aspirasinya itu, Maxi melirik adanya potensi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemda setempat.

Potensi yang dimaksud ini adalah, usaha budidaya ikan bandeng oleh masyarakat di kampung Dembek di pesisir pantai yang dibuat seluas 200 meter persegi.

Namun, tambak ikan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat belum dikembangkan secara maksimal karena terbatasnya finansial.

Untuk itu, Maxi Ahoren, meminta kepada pemerintah Provinsi Papua Barat maupun kabupaten Manokwari Mansel memberikan perhatian dan dukungan kepada masyarakat pembudidaya ikan bandeng.

Maxi menilai tambak ikan bandeng yang dibuat secara inisiatif oleh warga asli di kampung Dembek, merupakan hal yang baik untuk dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Mansel.

Maxi meminta dukungan kepada pemerintah daerah kabupaten Mansel dan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Melihat hal tersebut sebagai prioritas dalam mendukung hal tersebut, terutama dukungan berupa bantuan seperti bibit ikan, pakan ikan dan infrastruktur lain.

“Pemerintah daerah Mansel maupun pemerintah provinsi Papua Barat harus melihat ini sebagai peluang dalam meningkatkan PAD,” tuturnya usai mengunjung tambak ikan di Dembek.

“MRP melihat ini cukup memiliki potensi, setelah melakukan penjaringan aspirasi ini, kedepan kami meminta kepada dinas terkait Pemerintah Provinsi Papua Barat maupun Pemerintah daerah Mansel, untuk dapat memberikan perhatian khusus,” lanjut Maxi.

Dengan adanya bantuan dari Pemerintah daerah setempat, diharapkan agar masyarakat setempat dapat hidup mandiri mengelola sumber daya alam yang dimiliki.

Dijelaskan, Alex Rumander, pemilik tambak ikan Bandeng di kampung Dembek bahwa tambak ikan itu dibangun sejak tahun 2020, Pembuatan tambak ikan itu, dia dibantu oleh seorang anggota Polisi di Polsek Ransiki.

Tambak ikan seluas 200 meter persegi, yang terdiri dari 3 kolam dapat berkembang menjadi lebih baik.

Minat ikan bandeng di daerah Mansel cukup tinggi, tak hanya dipasarkan di daerah Mansel saja melainkan ke daerah lain seperti kabupaten Manokwari, Pegaf dan kabupaten Bintuni, Teluk Wondama.

Alex mengaku, Pernah mendapatkan bantuan pakan ikan dari pemerintah provinsi Papua Barat pada tahun 2021.

Alex berharap ada bantuan dari pemerintah daerah Mansel maupun Pemerintah Provinsi Papua Barat agat dapat berkembang dengan baik. (dra)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.