Ditengah Lonjakan Kasus Covid-19, PLN Manokwari Tetap Berupaya Jaga Keandalan Listrik

0
129
Manager PLN UP3 Manokwari, Roberth Rumsaur (kanan) bersama Ketua PWI Papua Barat, Bustam, ketika melakukan jumpa pers di Manokwari, Jumat (2/7/2021). (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Peningkatan jumlah kasus Covid tahun 2021 menjadi salah satu tahun terberat bagi masyarakat, PLN pun tidak luput dari dampak pandemi tersebut.
Meski demikian PLN selalu siap siaga menjaga mutu dan keandalan pasokan listrik mulai dari melakukan inspeksi instalasi, pemeliharaan dan menyuplai listrik yang andal untuk lokasi vital seperti rumah sakit rujukan Covid, laboratorium Covid dan fasilitas umum lainnya.
Karena banyak kegiatan masyarakat beralih ke rumah maka PLN juga terus menjaga mutu dan keandalan pasokan listrik ke rumah-rumah warga. “Puji Tuhan, kita patut bersyukur diberikan kesehatan dapat terus melayani dengan baik meski ditengah keterbatasan akibat pandemi. PLN harus tetap siaga menjaga stabilitas pasokan listrik untuk seluruh masyarakat, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh petugas,” tegas Manager PLN UP3 Manokwari, Roberth Rumsaur, dalam jumpa pers bersama media di Manokwari, Jumat (2/7/2021).
Jalannya konferensi pers terkait Kondisi Kelistrikan dan Rencana Pengambangan UP3 Manokwari. (Foto: Ist)
Sistem kelistrikan Manokwari sendiri, ujar Robert, memiliki daya mampu mencapai 46,28MW dengan beban puncak sebesar 29,28 MW. Oleh karenanya Manokwari memiliki energi listrik yang cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat baik melalui pembangkit lokal maupun yang sudah terintegrasi melalui system interkoneksi kelistrikan Manokwari. “Untuk pelanggan mencakup ULP Manokwari Kota, ULP Prafi, ULP Bintuni dan ULP Wasior secara total sebanyak 97.032 dimana untuk pelanggan Pasca Bayar : 11.720 sedangkan untuk Pra Bayar : 85.312,” jelasnya.
Selain upaya peningkatan keandalan listrik ,lanjut Robert menjelaskan,  PLN juga tidak berhenti meningkatkan pelayanan dan kehandalan dengan rencana program pengembangan yaitu Gardu Induk 2 x 30 MVA dan Saluran Transmisi 150 kV dari PLTMG Manokwari ke GI Manokwari direncanakan akan beroperasi pada tahun 2022, Gardu Induk 2 x 30 MVA dan Saluran Transmisi 150 kV dari PLTMG Manokwari ke Gardu Induk (GI) Manokwari, direncanakan akan beroperasi pada tahun 2022. Gardu Induk 20 MVA dan Saluran Transmisi 150 kV dari PLTMG Manokwari ke GI Ransiki direncanakan akan beroperasi pada tahun 2029 agar Sistem Ransiki yang selama ini disuplai melalui 20 kV dapat Grid dengan Sistem Manokwari melalui SUTT 150 kV.
Bahkan PLN juga memastikan pegawai dan tenaga alih daya mendapatkan Vaksin Covid-19. Di tengah pelayanan untuk menjaga keandalan pasokan listrik kepada pelanggan, PLN juga berkomitmen mendukung program vaksinasi Covid-19 yang dijalankan pemerintah. Hingga Rabu (31/6), lebih dari 241 pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD) PLN UP3 Manokwari telah menerima vaksinasi.
“Kami sangat mendukung program pemerintah untuk melakukan vaksinasi. Sebagai perusahaan layanan publik yang harus bekerja 24 jam dalam 7 hari, tentu kami harus memastikan petugas kami tetap bekerja meski di tengah pandemi. Kami yakin vaksinasi ini sebagai langkah efektif untuk meminimalisir dampak Covid-19 dari dan kepada masyarakat,”imbuh Roberth.
Komitmen tersebut merupakan upaya PLN mengurangi risiko penularan virus Corona dari dan kepada masyarakat, sehingga PLN tetap dapat memberikan layanan terbaik tanpa adanya kekhawatiran dari masyarakat. “Pada momen ini PLN ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan besar dari masyarakat dalam bentuk membayar listrik tepat waktu, dimana tingkat kesadaran masyarakat dalam ketertiban membayar listrik lebih baik jika dibandingkan periode tahun 2021 lalu. Tentu hal tersebut sangat penting bagi operasional PLN. Kami juga siap melayani selama 24 jam dengan petugas yang termonitor melalui system terpadu command center. Diharapkan seluruh pelanggan dapat menghubungi contact center 123, aplikasi new PLN Mobile, atau media sosial PLN bila ada keluhan terkait pelayanan kami,” pungkas Roberth.
Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center 123, Aplikasi New PLN Mobile, atau media sosial PLN . New PLN Mobile merupakan salah satu bentuk transformasi PLN dalam memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang berbeda bagi pelanggan. PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, seperti pembelian token bagi pelanggan prabayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan pascabayar, monitor penggunaan listrik , pembelian token, layanan pengubahan daya, swadaya catat angka meter (Swacam) dan layanan pengaduan pelanggan. Aplikasi ini hadir demi meningkatkan layanan kepada pelanggan.(rls/kp1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.