Bupati Manokwari: Petani Kita Dikuasai Usia 50an, Butuh Regenerasi, Pentingnya Program Petani Milenial

0
180
Bupati Manokwari Hermus Indou. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Pemerintah Kabupaten Manokwari memberikan apresiasi dengan diadakannya pencanangan Hari Konsumen Nasional Provinsi Papua Barat tahun 2021 dan Lounching Program Petani Milenial Provinsi Papua Barat, Kamis (20/5/2021) di Manokwari. Bupati Manokwari Hermus Indou menyebut kedua kegiatan itu sangat penting.
Menurutnya, dengan kegiatan perlindungan konsumen dapat memastikan sterilisasi semua produk-produk pertanian atau industri sesuai standar SNI, agar semua konsumen aman dalam mengonsumsi produk-produk yang basisnya  dari industri atau berbasis kemasan. “Bahkan kedepan kita harus pastikan dari hulu hingga hilir semua bahan pangan kita, harus steril untuk para konsumen,” tegas Hermus saat ditemui usai lounching Petani Milenial di Swiss-Bellhotel, Kamis (20/5/2021).
Selain perlindungan konsumen, bersama Gubernur, kata Bupati, telah dilaunching program Petani Milenial. Program Petani Milenial ini disambut positif, karena saat ini dibutuhkan regenerasi para petani. “Kita bisa lihat petani kita hari ini dikuasai oleh petani yang usianya sudah 50 an,  kalau bicara produktivitas pertanian kita itu ditentukan oleh banyak faktor, termasuk sumber daya manusia kita, jadi SDM petani kita di Papua maupun di Indonesia hari ini sudah dikuasai oleh rata-rata yang usianya 50 tahun ke atas dan itu sudah tidak produktif lagi, karena itu perlu ada peremajaan dari sisi sumber daya manusia,” ucapnya.
Paradigma pembangunan hari ini menurutnya, sudah berubah, semuanya dari yang tradisional, berbasis  teknologi, diupayakan kedepan produksi pertanian mulai dari hulu sampai hilir semuanya berbasis teknologi. “Hari ini dan zamannya anak-anak muda milenial yang bisa mengoperasikan teknologi, sehingga semua produksi harus berbasis teknologi, dan kita pastikan semua bisa berjalan di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua Barat,” tandasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.