Bawaslu RI Gelar Konsolidasi Media di Manokwari, Perkuat Pemberitaan Pemilu 2024

0
Bawaslu RI Gelar Konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan pada tahapan Pemilihan Serentak 2024, Kamis (16/5/2024). (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan pada tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 pada, Kamis (16/5/2024) di resto ternama Manokwari.

Kegiatan ini dihadiri Komisioner Bawaslu Papua Barat beserta jajarannya, wartawan dan berbagai pihak termasuk mahasiswa, Ormas, tokoh masyarakat. Serta menghadirkan narasumber Ketua PWI Papua Barat, Bustam dan Jurnalis Harian Kompas, Dian Dewi Purnamasari dengan materinya media menuju Pilkada 2024.

Bustam, Ketua PWI Papua Barat memaparkan materi media menuju Pilkada 2024.

Konsolidasi media ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas media massa dalam menyampaikan informasi yang akurat, netral, dan berimbang terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Bawaslu RI ingin menjalin kerjasama yang erat dengan media massa dalam mengawal proses demokrasi yang berkualitas dan berintegritas.

Komisioner Bawaslu Papua Barat, Menahen J Sabarofek dalam sambutannya mengatakan, pentingnya peran media massa dalam mengawal proses Pemilu 2024. Menurutnya, media massa memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat, sehingga dapat membantu membangun kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan Pemilu.

“Pemberitaan pers dapat memberikan kontribusi menguatkan informasi yang dilakukan oleh Bawaslu sebagai pengawas, juga menjadi aspek pencegahan terhadap potensi pelanggaran,” ucapnya.

Menahen juga mengatakan, strategi pencegahan pada potensi pelanggaran yang dapat terjadi dan langkah-langkah pencegahannya. “Mitra strategis dan berbagai pihak menjadi penting agar tersampaikan informasi dengan baik demi penyelenggaraan Pemilu di Papua Barat dengan baik dan berkualitas,” ujar Menahen.

Ketua PWI Papua Barat, Bustam mengapresiasi kegiatan konsolidasi media yang dilakukan oleh Bawaslu RI. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi media massa dalam meningkatkan pemahaman dan kapasitas mereka dalam meliput berita Pemilu.

Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu media massa untuk menjadi mitra strategis Bawaslu Papua Barat dalam mengawal proses Pemilu 2024. 

Konsolidasi media ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemberitaan Pemilu 2024 dan membantu membangun kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan Pemilu yang demokratis, adil, dan berintegritas. (dra)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.