Aparat Kampung se-Kabupaten Manokwari Dilatih Gunakan Aplikasi RAB

0
97
Aplikasi RAB

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Manokwari, menggelar acara Training dan Edukasi Aplikasi rancangan anggaran biaya (RAB) Pembangunan Kampung se-Kabupaten Manokwari.

Training tersebut dilakukan selama 4 hari di Swiss Bell Hotel Manokwari, dibuka langsung oleh Bupati Manokwari Hermus Indou, Senin (28/3/2022).

Manager Operasional PKPD Jafar mengatakan, patihan ini agar aparatur kampung memperoleh gambaran, tentang bagaimana merancang bangun gerak berdasarkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

“Kami berharap, seusai mengikuti training ini segenap aparatur kampung mampu mengaplikasikannya di kampungnya masing-masing, sehingga tata kelola anggaran kampung dapat dilakukan secara transparan dan akuntabel. Serta tertutup kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang yang merugikan keuangan kampung,” ujarnya.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan ini, merupakan suatu langkah strategis untuk menjawab ketersediaan kebutuhan sumber daya manusia.

“Kegiatan ini menjadi bagian tak terpisahkan dari program prioritas dan unggulan pemerintah daerah dalam hal penguatan kapasitas pemerintah kampung, pemanfaatan teknologi informasi digital sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Manokwari,” tuturnya.

Dikatakan Hermus, dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan penyusunan desain dan RAB, serta meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi.

“Saya mengharapkan semua peserta yang hadir agar dapat mengikuti training ini dengan baik, sehingga bukan hanya aplikasi yang dibawa pulang ke kampung masing-masing tetapi juga ilmu dan pengalaman para narasumber bisa diserap dapat diimplementasikan di kampung masing-masing dalam pelaksanaan pembangunan kampung,” tutupnya.(dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.