Anak Kandung Otsus Harus Duduk Bersama, Bicara Masalah Kelanjutan Otsus 

0
94
Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, George Dedaida. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, George Dedaida  berharap tiga anak kandung dari Otsus bisa duduk bersama untuk berbicara masalah keberlanjutan Otsus yang saat ini sedang ramai dibicarakan.
“Gubernur, DPR jalur Otsus dan MRPB seyogyanya harus duduk  bersama untuk membahas keberlanjutan Otsus dan manfaatnya bagi masyarakat,” ujar George Dedaida  saat ditemui wartawan, Rabu (10/02/2021).
DPR Fraksi Otsus menyambut baik dengan keberlanjutan Otsus, namun harus dibicarakan dengan baik untuk kemaslatan masyarakat. Menurutnya, saat ini UU Otsus yang dirubah hanya dua pasal saja, namun tanpa melihat banyak catatan-catatan dari daerah yang harus menjadi pertimbagan pusat. Ini agar bisa diterima oleh semua kalangan.
“Gubernur,  DPR Otsus, dan MRPB harus duduk bersama. Karena kalau kita minta Otsus itu dikembalikan? apa tawaran, pikiran yang bisa kita sampaikan untuk menopang kehidupan masyarakat yang sementara ini berjalan, misalnya  dana prospek yang ada ke kampung-kampung,  ke distrik dan sebagainya, yang saat ini sementara  sedang berjalan,” kata George.
Selain itu, juga ketika UU Otsus ditolak maka bagaimana  keberadaan DPR fraksi Otsus dan MRPB. Ini harus dilihat secara konferensif, lalu diskusikan dan disampaikan kepada pihak pemerintah, agar tidak mengulangi kesalahan masa lalu. “Harapan saya kesalahan masa lalu jangan kembali terulang, perlu ada transparansi mengenai penggunaan dana Otsus, harus jelas peruntukkannya dan perencanaan harus baik,” harapnya.
Ia menambahkan, permasalahan Otsus ini terjadi karena perencanaan yang tidak bagus. “Saya bicara masalah perencanaan, karena masalah data base basis OAP dan sebagainya ini belum ada, apalagi dengan pemetaan-pemetaan  wilayah adat, masyarakat adat itu belum maksimal,” katanya. “Sehingga yang menjadi permasalahan  yang mendasar bagaimana kedepan kita lebih baik daripada sebelumnya,” pungkas George menambahkan.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.