Aliansi Masyarakat Papua Barat Dukung Pemerintah Lanjutkan Otsus di Papua Barat

0
89
Aksi damai pembagian selebaran kepada pengguna jalan di seputaran lampu merah H.Bauw, Wosi, Manokwari, Senin (8/2/2021). (Foto: Ardo/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – Aliansi Masyarakat Papua Barat melakukan aksi damai dengan berorasi dan membagikan selebaran kepada masyarakat yang melintas di perempatan lampu merah H.Bauw, Manokwari, Senin (8/2/2021).
Koordinator Aksi Damai, Jalil mengatakan aksi damai ini murni dari mereka sendiri tanpa ada tendensi dari para elit politik ataupun yang lain.“Aksi damai ini adalah wujud dukungan kami kepada pemerintah untuk melanjutkan program Otsus di tanah Papua,” akunya.
Sementara itu Ketua Harian Lembaga Masyarakat Adat (LMA), Frengky Umpain mengatakan dalam orasinya,mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang dari masa ke masa sudah berkomitmen memajukan tanah Papua dan orang asli Papua.
Wujud komitmen pemerintah Indonesia kepada Papua, membuat undang – undang otonomi khusus yang memberikan kewenangan penuh kepada daerah untuk ikut membangun daerahnya, baik itu untuk percepatan infrasturuktur dan memberikan kewenangan kepada orang asli papua mempersiapkan dirinya agar mampu bersaing dengan kota lain.
Menururtnya, tak bisa dipungkiri bahwa keberlangsungan otonomi khusus ini sangat banyak membantu orang asli Papua dan berdampak positif, bisa liat dengan banyaknya  kepala dinas yang merupakan putra daerah,bupati dan bahkan gubernur juga merupakan anak asli Papua.
“Ini merupakan adalah bagian dari keberlangsungan otsus itu sendiri. Otsus ini sangat berdampak langsung kepada masyarakat baik itu yang di kota maupun di kampung-kampung,dengan  berlanjutnya otsus ini bisa membuat orang asli papua menata masa depannya dengan lebih baik lagi.”
“Otsus sangat berdampak positif terhadap anak asli papua,terbukti dengan banyaknya anak asli papua bersekolah di luar negeri dan sekolah di kota lain yang tersebar di seluruh indonesia, itu membuktikan adalah bagian dari keberlangsungan otsus,” sambungnya.
Frengky menambahkan, sebagai generasi yang mengalami dampak positif dari Otsus, tentu harus memikirkan masa depan sendiri dan tidak mau menjadi bagian dari masa lalu, karena masa lalu tidak akan membawa perspektif untuk masa datang.
Ketua Aliansi Masyarakat Papua Barat, Anton Worabai mengatakan tujuan aksi damai ini adalah mendukung program pemerintah untuk memajukan tanah Papua khususnya di Papua Barat.
Anton berharap, pemeritah pusat memberikan perhatian penuh terhadap tanah papua seperti kota lain,  tanpa ada diskriminasi. n”Kita mendukung pemerintah pusat untuk melanjutkan program otsus di Papua barat,tanpa ada tendensi dari pihak manapun. Kita harus mendukung perhatian pemerintah pusat untuk memajukan tanah dan orang asli Papua, ” tuntas Anton kepada klikpapua.com. (ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.