Usulan Masyarakat Lewat Musrenbang Akan Disinkronkan dengan Visi Misi Bupati Terpilih  

0
75
KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Kaimana, Abdul Rahim Furuada, S.Sos,MTP mengatakan, usulan pembangunan perumahan, infrastruktur dan perekonomian masih mendominasi hasil Musrenbang tingkat distrik untuk program tahun 2022.
“Ada yang mengusulkan perumahan, ada juga yang mengusulkan infrastruktur, tetapi lainnya mengusulkan pembangunan bidang ekonomi, misalnya pengembangan pala dan perikanan,” ujar Furuada usai kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2022 di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana, Kamis (15/4/2021).
Dikatakan, usulan dari masyarakat tersebut, akan disinkronkan dengan visi misi serta program Bupati Kaimana terpilih. “Tentu  usulan-usulan dari bawah yang kami sebut dengan bottom up ini akan dikawinkan dengan visi misi Bupati terpilih,” ujarnya.
Lebih jauh dijelaskan, selain program yang diusulkan masyarakat yang biasa disebut bottom up (usulan dari bawah keatas), pendekatan perencanaan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kaimana juga ada yang bersifat dari atas ke bawah atau top down.
“Untuk warga masyarakat jangan kaget kalau nanti akan ada program-program atau kegiatan yang masuk tanpa diusul oleh masyarakat. Karena pendekatan perencanaan di negara ini termasuk di Kabupaten Kaimana ini, ada yang bersifat dari bawah keatas, tetapi ada juga yang dari atas ke bawah. Jadi itu hal yang biasa saja,” ungkap Furuada. (iw)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.