Pemda Kaimana Teken MoU dengan UK Petra 

0
30
Pemerintah Kabupaten Kaimana, melakukan MoU bersama Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra dan Universitas Kristen Petra Surabaya, Rabu (15/6/2022).
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Pemerintah Kabupaten Kaimana, Rabu (15/6/2022) melakukan penandatangan kesepakatan bersama dengan Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra dan Universitas Kristen Petra Surabaya.
Penandatanganan dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana oleh Sekretaris Daerah, Drs. Donald R. Wakum mewakili Bupati Kaimana, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra, Ir. Harry Listijo dan Rektor Universitas Kristen Petra, Prof. Djwantoro Hardjito.
Sekda Donald Wakum dalam sambutannya mengatakan, kesepakatan bersama ini didasari oleh niat baik kedua belah pihak untuk berkolaborasi demi mendukung pembangunan Kaimana pada dua sektor yakni pendidikan dan kesehatan.
Kesepakatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik Kaimana untuk berkuliah di program studi Kedokteran Universitas Petra dengan beasiswa penuh atau sebagian dari YPTK Petra dalam rangka memenuhi tenaga dokter pada fasilitas kesehatan di Kabupaten Kaimana.
Sedangkan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Kaimana dengan Universitas Kristen Petra lanjut Sekda, bertujuan memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik Kaimana untuk berkuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan selanjutnya dapat mengabdi pada satuan-satuan pendidikan di Kaimana.
Dikatakan, kesepakatan bersama ini merupakan bagian dari upaya mensukseskan visi misi Kabupaten Kaimana sebagaimana yang termuat dalam RPJMD Kaimana Tahun 2021-2026 khususnya pada misi kedua yakni ‘Optimalisasi Pelayanan Dasar Bidang Pendidikan dan Kesehatan.”
“Kedua bidang ini yakni pendidikan dan kesehatan merupakan urusan wajib pelayanan dasar sehingga dalam pelaksanaannya harus mengacu pada standar pelayanan minimal sebagaimana diamanatkan dalam PP Nomor 2 Tahun 2018 yang merupakan turunan dari UU Nomor 23 Tahun 2014,” terang Sekda.
Sementara itu, Rektor Universitas Kristen Petra, Prof. Djwantoro Hardjito menjelaskan, UK Petra didukung YPTK sudah melakukan kerjasama dengan beberapa daerah di Papua dan Papua Barat. UK Petra sendiri didirikan sejak tahun 1961 di Surabaya dan tahun ini akan merayakan usia yang ke-61.
Saat ini lanjutnya, UK Petra menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia, dimana pada tahun 2015-2017 berada di peringkat 1 dan tahun 2020 di peringkat ke-2 dari 3000 lebih perguruan tinggi swasta di Indonesia.
Rektor juga menjelaskan, sejak tahun 1984 UK Petra, memberikan perhatian sangat tinggi bagi generasi muda dari wilayah Indonesia timur dengan memberikan beasiswa, termasuk generasi muda dari Papua dan Papua Barat.
Selanjutnya, pada beberapa tahun terakhir UK Petra memfokuskan diri pada pendidikan guru dan kedokteran. Rektor sekaligus mewakili pihak YPTK menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kaimana yang bersedia melakukan kerjasama.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, SIK,MH, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Ray RD. Come, MM, Kepala Dinas Kesehatan, Arifin Sirfefa, SKM,MM, serta sejumlah Pimpinan OPD. (iw)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.