Pemprov PB Peringati Hari Konsumen Nasional di Kaimana

0
19
Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat menyelenggarakan acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2022 di Kabupaten Kaimana, Kamis (16/6/2022).
KAIMANA,KLIKPAPUA.com– Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat menyelenggarakan acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2022 di Kabupaten Kaimana, Kamis (16/6/2022).
Acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional yang seyogianya jatuh pada tanggal 20 April 2022 ini, dirayakan di Pantai Bantemi Kaimana diawali kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait perlindungan konsumen kepada masyarakat oleh Dinas Perindag Papua Barat.
Hadir dalam acara ini, Direktur Pemberdayaan Konsumen Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI Ivan Fithriyanto, ST, M.Si, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Papua Barat Dr. Niko Tike, Kepala Dinas Perindag Papua Barat George Yarangga, A.Pi,MM, Bupati Kaimana Freddy Thie, jajaran Forkopimda Papua Barat dan Kaimana, serta perwakilan konsumen yang terdiri dari pelajar dan masyarakat.
Bupati Kaimana, Freddy Thie menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan kepada Kabupaten Kaimana sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Konsumen Nasional Tahun 2022.
Bupati berharap acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional yang diawali kegiatan sosialisasi dan edukasi di Kabupaten Kaimana ini, bisa membantu masyarakat Kaimana mengerti tentang perlindungan konsumen. Bahwa setiap produk memiliki masa kadaluwarsa dan masyarakat harus mengerti produk mana yang masih layak dikonsumsi.
Sementara Pj. Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Niko Tike mengatakan, tujuan memperingati Hari Konsumen Nasional adalah untuk menyoroti pentingnya pergerakan konsumen dan kebutuhan untuk membuat setiap konsumen lebih sadar akan hak dan tanggungjawab mereka.
Dikatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat telah dua kali memperoleh penghargaan dari Menteri Perdagangan sebagai daerah peduli perlindungan konsumen yakni tahun 2019 yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur dan pada 2021 diterima langsung oleh Gubernur Papua Barat.
Pemerintah Provinsi Papua Barat lanjutnya, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah melakukan pengawasan dan pembinaan bagi para pelaku usaha untuk senantiasa mengedepankan perlindungan dan pemberdayaan konsumen.
“Komitmen ini diaplikasikan dengan dibukanya Bilik Konsultasi dan Pengaduan Konsumen (Biduan) pada Bidang Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindag Papua Barat. Layanan ini terbuka bagi masyarakat umum dan para pelaku usaha untuk menyampaikan keluhan atau persoalan yang ditemui,” ungkap Pj. Gubernur.
Menutup sambutannya, Pj. Gubernur berharap puncak peringatan Hari Konsumen Nasional di Provinsi Papua Barat ini, dapat memberikan pengetahuan dan edukasi bagi para konsumen cerdas untuk senantiasa selektif dan teliti dalam membeli dan memanfaatkan barang/jasa. (iw)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.