Timsel Calon Anggota Bawaslu Papua Barat Mulai Bekerja, Simak Tahapannya

0
144
Timsel Calon Anggota Bawaslu Papua Barat saat melakukan Konferensi Pers di Sekretariat Timsel di Hotel RedDoorz Solideo Glorya, Kamis (16/6/2022). (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat tahun 2022-2027 yang beranggotakan lima orang dengan Nomor SK 002 /Timsel-Bawaslu/PB/06/2022, siap menjalankan tugas sebagai Timsel calon anggota Bawaslu Papua Barat.
Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Papua Barat, Hasan Makasar mengatakan, dalam rangka pembentukan Bawaslu Provinsi Papua Barat, maka Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat mengacu pada Surat Keputusan Bawaslu RI Nomor: 1243.1/K.BAWASLU/HK.01.01/06/2022.
Atas kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Timsel membuka kesempatan bagi warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Bawaslu Papua Barat.
Hal ini disampaikan Ketua Timsel  Calon Anggota Bawaslu Papua Barat, Hasan Makasar saat Konferensi Pers di Sekretariat Timsel di Hotel RedDoorz Solideo Glorya, Kamis (16/6/2022).
Hasan Makasar mengatakan timsel dibentuk berdasarkan SK Bawaslu RI, dengan amanah SK ini maka pihaknya bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.
“Secara umum kami sampaikan untuk pengumuman pendaftaran calon anggota Bawaslu sudah kami buka mulai tanggal 14 Juni 2022,  dan selanjutnya kita akan menunggu tahapan-tahapan berikutnya,” katanya.
Adapun tahapannya nanti tanggal 22-30 Juni dibukanya pendaftaran bakal calon anggota Bawaslu, 30 Juni-5 Juli perbaikan berkas  persyaratan bakal calon,  6 -12 Juli penelitian dan verifikasi berkas pendaftaran administrasi bakal calon anggota Bawaslu, 13 Juli pengumuman hasil penelitian seleksi administrasi calon anggota Bawaslu, 18 Juli tes tertulis calon anggota Bawaslu,19-20 Juli test psikologi calon anggota Bawaslu, 25 Juli Pengumuman lulus hasil,25-29 Juli masukan dan tanggapan masyarakat hingga tanggal 30 Juli pleno timsel.
Sekretaris Timsel  Alwiyah Sakti mengatakan, yang paling penting sekarang adalah menjelaskan kepada publik untuk tahapan penerimaan anggoata Bawaslu periode 2022-2027.  Saat ini timsel sedang bekerja untuk tahap  pengumuman dan pendaftaran yang sudah bisa diakses masyarakat dengan waktu 22-30 Juni 2022.
“Dimana yang kami mau tekankan yakni keberadaan sekretariat  dan Timsel di Provinsi Papua Barat  ini sebisa mungkin untuk menjelaskan bahwa apa yang telah kami umumkan dan kerjakan  bersama sekretariat itu terbuka untuk semua masyarakat yang mau mencalonkan diri sebagai calon anggota Bawaslu dan proses ini sangat transparan,” ungkap Alwiyah.
Lebih lanjut ditambahkan pansel lainnya, Dr Hamzah tahapan saat ini adalah tahapan sosialisasi, bagaimana memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, sehingga kemudian partisipasi warga Negara yang memenuhi syarat itu bisa mendaftar untuk menjadi calon anggota Bawaslu.
“Dengan semakin banyaknya warga yang mendaftar maka seleksi bisa kita lakukan dengan  penuh kesungguhan kemudian transparansi,” ungkapnya.
Anggota pansel lainnya, Ichal Supriadi menambahkan, proses sudah mulai berjalan dan diharapkan putra/putri terbaik Papua Barat memiliki kesempatan untuk mendaftar.
Mandat yang diberikan kepada yakni memberikan verifikasi, meneliti lalu merekomendasikan sejumlah kandidat atau calon dan nantinya akan antarkan ke Jakarta, untuk yang memutuskan siapa yang nantinya akan diterima dari Bawaslu RI.
“Di sini semua memiliki peran, termasuk masyarakat untuk memberi masukan kepada kita tentang calon-calon komisioner Bawaslu Provinsi,” tandas Ichal.
“Yang saya garis bawahi dimana selain kami menerima calon, menyebar luaskan informasi, menerima aplikasi calon, kami juga mengharapkan  masukkan -masukan dari  masyarakat Papua Barat,” pungkasnya. (aa)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.