Pemda Kaimana Resmikan Penggunaan Aplikasi SIKDA Generik

0
113
KAIMANA,KLIKPAPUA.com— Pemerintah Kabupaten Kaimana, Selasa (24/8/2021), melakukan launching atau peresmian penggunaan aplikasi SIKDA Generik (Sistim Informasi Kesehatan Daerah Generik), sebuah aplikasi pelayanan kesehatan berbasis elektronik di UPTD Puskesmas Kaimana.
Peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Kaimana Freddy Thie, didampingi Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, SP, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 1 set perangkat Camera Video Conference untuk Puskesmas Kaimana yang diterima Kepala Puskesmas Kaimana, dr. Vincensia Thie.
Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, Kepala Kejaksaan Negeri Kaimana Wahyudi Eko Husodo, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kaimana Dinar Pakpahan, Dandim Letkol Inf. Chairi Suhanda, Anas Maruf dari Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI, serta Kepala Dinas Kesehatan Kaimana Arifin Sirfefa, SKM,MM dan jajarannya.
Bupati Freddy dalam sambutannya mengatakan, aplikasi ini, sangat membantu pihak Puskesmas Kaimana dalam menyimpan rekam medis para pasien dan memudahkan pelayanan, karena sudah terkoneksi dengan aplikasi BPJS. Pemanfaatan aplikasi ini lanjut Bupati, juga sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Kaimana di bidang kesehatan.
Bupati memberikan apresisasi kepada UPTD Puskesmas Kaimana. Ia berharap, agar kedepan ada inovasi-inovasi baru berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Kaimana.
“Berharap ini menjadi contoh bagi Puskesmas lainnya di Kabupaten Kaimana. Saya juga berharap agar OPD yang ada di lingkungan Pemkab Kaimana bisa memanfaatkan aplikasi elektronik yang saat ini menjadi fokus perhatian pemerintah pusat dan daerah,” ujarnya.
Kesempatan yang sama, Anas Maruf dari Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI menjelaskan, aplikasi SIKDA Generik ini merupakan aplikasi sistim informasi kesehatan daerah yang berlaku secara nasional dan terhubung secara online dan terintegrasi dengan seluruh puskesmas, rumah sakit dan sarana kesehatan lainnya, baik milik pemerintah maupun swasta, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi dan Kementerian Kesehatan.
Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.