Bupati-Wabup Kaimana Sambut Kedatangan Peserta KBMAP IV

0
71
KAIMANA,KLIKPAPUA.com—Bupati Kaimana Freddy Thie, bersama Wakil Bupati Hasbulla Furuada, Minggu (24/10/2021), melakukan penjemputan secara resmi peserta Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) IV di Pelabuhan Laut Kaimana.
Pantauan media ini, kedatangan ratusan peserta KBMAP IV menggunakan dua unit kapal tol laut Sabuk Nusantara ini juga disambut hangat Dewan Adat Kaimana Wilayah Bomberay dan Panitia Pelaksana KBMAP IV.
Peserta yang tiba dalam skala besar ini merupakan perwakilan masyarakat adat dari sejumlah kabupaten yang tersebar pada tujuh wilayah adat se-Tanah Papua yakni Wilayah Adat Doberay, Saereri, Mamta, La Pago, Anim Ha, Mee Pago dan Bomberay.
Dalam prosesi penyambutan ini, Bupati Freddy Thie bersama Wakil Bupati Hasbulla Furuada didampingi perwakilan Dewan Adat Kaimana Ramadhan Sabuku dan juga Ketua Umum Dewan Adat Papua Mananwir Yan Pieter Yarangga,  menyapa satu persatu tamu yang hadir.
Hal yang sama juga dilakukan para peserta, melalui pimpinan delegasi dan dengan bahasa serta budayanya masing-masing, menyampaikan permohonan izin baik kepada para penyelenggara pemerintahan, adat dan agama, serta para leluhur untuk masuk ke wilayah adat Bomberay dalam hal ini Kaimana.
Usai prosesi penyambutan, para peserta langsung menumpang kendaraan menuju lokasi penginapan di persekolahan YPPK, persekolahan Yapis, SMK YPK Efata dan beberapa sekolah lainnya dalam wilayah Kota Kaimana.
Sebelumnya, ketika memimpin apel gelar pasukan pengamanan pelaksanaan KBMAP IV di Stadion Triton, (23/10/2021), Bupati mengatakan, KBMAP merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Kaimana dan akan dihadiri oleh pejabat tingkat daerah dan nasional. Untuk itu lanjut Bupati, perlu disiapkan segala sesuatunya dengan baik.
Dikatakan, apabila terselenggara dengan aman, damai dan sukses, tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Kaimana dan mampu mengangkat nama baik Kabupaten Kaimana di tingkat provinsi maupun nasional.
Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama membantu agar pelaksanaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ini tetap patuh pada protokol kesehatan Covid 19. Bupati juga meminta seluruh personel pengamanan agar membantu mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif demi kelancaran dan suksesnya acara besar tersebut. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.