22 April Polda Papua Barat Menjadi Tipe A

0
Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Tornagogo Sihombing. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Polda Papua Barat resmi naik tipe A Rabu, 22 April 2020 besok.
Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Tornagogo Sihombing mengatakan ada tujuh Polda yang dinaik tipe dari B menjadi A. Salah satunya Polda Papua Barat. “Sebelumnya, kita telah mengajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Kini dikabulkan setelah mengajukan,memaparkan,” tuturnya kepada wartawan usai rapat bersama Gubernur Papua Barat, Senin (20/4/2020 ).
Menurutnya, pertimbangan Mabes Polri menaikkan tipologi Polda Papua Barat karena besarnya luas wilayah dan tingginya tingkat kriminalitas di Papua Barat.
Ketujuh Polda yang naik tipe itu adalah  Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Barat, Polda Gorontalo, Polda Kalimantan Utara, Polda Kepulauan Bangka Belitung, ‎Polda Maluku Utara, dan Polda Papua Barat.
“Dengan dinaikkannya status tipe Polda Papua Barat, maka posisi Kapolda nantinya akan dijabat oleh seorang jenderal bintang dua atau irjen. Tapi kini kita menerima pataka dulu di Jakarta, selanjutnya Wakapolda dan pejabat utama mengikuti pangkatnya, itu dari pusat mengatur, ” katanya.
Kapolda menambahkan, untuk personil otomatis akan ada penambahan, namun semua itu dengan sekala berjenjang, pasti akan terpenuhi, karena saat ini baru 45 persen yang terpenuhi di Polda Papua Barat, sedangkan yang dibutuhkan idealnya ada 15 ribu personil. (aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.