Pentingnya Cyber Ethics untuk Melawan Hoax

0
96

­BANYAK masyarakat di Indonesia yang tidak menyadari pentingnya beretika di dalam dunia maya. Padahal di dalam undang undang ITE tahun 2016 sudah diatur cara beretika di dunia cyber. Salah satu bukti akibat kelalaian beretika di dunia maya adalah kerusuhan di Papua dan Papua Barat Agustus lalu, yang diakibatkan oleh ujaran kebencian yang dibumbui dengan hoax. Namun apakah arti cyber ethics itu sendiri?

Cyber ethics adalah studi filosofis etika tentang komputer yang mencakup perilaku pengguna dan yang dilakukan terhadap komputer, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi individu dan masyarakat. Dengan cyber ethics masyarakat dapat lebih cerdas memilih konten-konten yang benar dengan yang tidak dalam pengunaannya.

Cyber ethics juga dapat mengurangi tingkat pembajakan barang berlisensi dan penyebaran hoax ataupun ujaran kebencian. Selain itu juga dapat membantu mengurangi tingkat cyberbullying yang merajalela di kalangan muda Indonesia. Orang-orang yang biasanya melanggar undang undang ITE atau cyber ethics adalah masyarakat yang tidak mengerti mengenai hal-hal tersebut.

Maka dari itu penting diajarkan etika komputer sejak usia yang masih muda, dan salah satu media paling efektif adalah dengan media sekolah. Di sekolah etika komputer dapat diajarkan dengan lebih efektif karena dapat diregulasikan oleh negara. Selain itu para pengajar dapat memonitor kegiatan pelajar dengan lebih saksama.

Sayangnya banyak sekolah di Indonesia yang belum menanamkan pengetahuan tentang etika komputer pada para pelajarnya. Sehingga implementasi cyber ethics itu sendiri belum terlaksana dengan baik di Indonesia. Maka dari itu pengetahuan etika computer dapat di tanamkan mulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Dengan begitu masyarakat dapat menggunakan aktivitas dunia maya dengan baik dan benar. God bless ty.

Penulis : Oleh Jovano Amor Nathaniel Brycko Nahak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.