DPRD Teluk Bintuni Menyetujui APBD Tahun 2020 Rp. 2,6 Triliun

0
295

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Seluruh Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Teluk Bintuni menerima dan menyetujui usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020, untuk dapat ditetapkan menjadi peraturan daerah.

Pernyataan persetujuan tersebut disampaikan oleh empat Fraksi yakni Fraksi Pembangunan Demokrasi Nasional, Fraksi Golkar, Fraksi Perasatuan Indonesia (Perindo) dan Fraksi Nasional Demokrat Bersatu, pada sidang paripurna DPRD terhadap Raperda APBD tahun 2020, di ruang sidang utama, gedung DPRD Teluk Bintuni, Kilometer 6, Distrik Bintuni, Senin (16/12/2019) malam.

Seluruh fraksi setuju setelah adanya pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Teluk Bintuni. Dimana pada laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Teluk Bintuni, oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Widiyaningsih Sri Utami. Secara umum dijelaskan postur RAPBD, yakni pendapatan daerah tahun 2020 diperoyeksikan mengalami kenaikan 3,5 persen bila dibanding tahun 2019 atau sebesar Rp. 2,3 Triliun rupiah dan pendapatan asli daerah sebesar Rp 60 Miliar.

Sementara belanja daerah direncanakan sebesar Rp 2.6 trilyun, bila dibandingkan tahun 2019 belanja ini meningkat sebesar 5,6 persen. “Rincian belanja daerah Teluk Bintuni adalah belanja tidak langsung sebesar Rp. 292 Milyar, dan belanja langsung sebesar Rp 2.2 Triliyun lebih,” katanya.

Dengan tingginya belanja daerah ini maka pada tahun 2020 diperkirakan APBD mengalami defisit sebesar Rp. 328 milyar lebih. Dimana besar anggaran tersebut akan dianggarkan pada pos penerimaan pembiayaan daerah. Pembiayaan daerah merupakan bagian dari struktur anggaran pendapatan dan belanja daerah, yang terdiri dari penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan, yang akan menghasilkan pembiayaan netto.

Secara rinci pembiayaan daerah sebesar Rp. 357 miliar lebih, semuanya berasal dari penerimaan pinjaman daerah sebesar Rp. 357 miliar lebih. Dari total penerimaan pinjaman ini sebesar Rp. 29,5 miliar digunakan untuk pengeluaran penyertaan modal atau investasi daerah sebesar Rp. 5 miliar, penyertaan modal perusahaan daerah sebesar Rp. 20 miliar , subsidi penerbangan Rp. 4,5 miliar.

Sementara itu, Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw saat memberikan pidato pada acara penutupan rapat paripurna DPRD Teluk Bintuni masa sidang ke-lima tahun 2019 mengatakan, pemerintah daerah dan DPRD merampungkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah, menjadi peraturan daerah tentang APBD tahun 2019.

“Walaupun pembahasanya berlangsung cukup panjang dan menyita banyak energi, perhatian dan kesunguhan dari semua komponen, namun, berbekal semangat yang sama, kita telah menempatkan kepentingan rakyat diatas segalanya, sehingga hari ini menjadi akhir dari sebuag pergumulan yang menghasilkan instrument Pembangunan yang dinanti semua pihak,” katanya.

Bupati mengajak seluruh hadirin memberikan apresiasi kepada DPRD Teluk Bintuni, yang telah bekerja keras dan menyetujui Dokumen Raperda APBD 2020. “Sekali lagi kami sampaikan terima kasih yang tulus dan iklas, semoga dengan semangat mewujudkan Kabupaten Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing terus ditanamkan dalam sanubari kita semua,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Teluk Bintuni,  mengingatkan para pejabat dan ASN dilingkup pemerintah daerah Teluk Bintuni, dalam kapasitas  sebagai penguasa penguna anggaran, PPTK, PPK, PPTK dan bendahara -bendara di semua satuan kerja agar dapat bekerja lebih baik dan akuntabel, berbekal integritas, kapabilitas dan loyalitas serta dedikasi. Agar membantu Bupati dan Wakil Bupati menjalankan tugas dan tangung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sesuai tugas dan peran yang melekat pada masing masing.

Karena kata Kasihiw, tugas yang  diemban para pejabat tersbeut adalah amanah, dan amanah tidak ada yang abadi, tetapi pakailah amanah itu utnuk berbuat baik, tingalkan ego sektoral, bangun kekuatan tim dalam bekerja dan mengabdi. “Dalam kesempatan yang baik ini juga, saya menyampaikan selamat hari raya Natal dan menyambut tahun baru 2020, semoga dengan kasih Natal, menjadi pemyemangat bagi kita semua,” tutur bupati.

Dalam sidang tersebut, nampak hadir Wakil Bupati Matre Kokop, pimpinan dan sejumlah anggota DPRD, pimpinan OPD, BUMN, BUMD, TNI, Polri, dan tamu undangan lainnya yang hadir. (at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.