BI Papua Barat Hadirkan Kopi Pegunungan Arfak di Festival Kopi Nusantara 2019

0

JAKARTA,KLIKPAPUA.COM–Pada perhelatan Festival Kopi Nusantara tahun 2019 di Jakarta, untuk pertama kalinya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat hadir sebagai peserta. Festival ini diselenggarakan pada tanggal 18 s.d. 19 September 2019 berlokasi di Taman Fatahilah, Kota Tua, Jakarta, sebuah tempat bersejarah sekaligus simbol sentra niaga di masa kolonial. Acara ini digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta bekerjasama Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Pariwisata dan seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang berada di 17 provinsi, salah satunya Provinsi Papua Barat. 

Dalam kesempatan ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat bekerjasama dengan Bentara Papua menghadirkan biji kopi yang berasal dari Pegunungan Arfak, yaitu Kopi Anggi dan Kopi Minyambauw sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan Papua Barat sebagai penghasil komoditas biji kopi nusantara. Kopi Anggi berasal dari tanaman kopi yang tumbuh di seputaran Danau Anggi dengan ketinggian mencapai 1.800 mdpl, adapun kopi Minyambouw berasal dari daerah yang lebih rendah dengan ketinggian mencapai 1.200 mdpl. Kedua biji kopi tersebut merupakan varietas arabika dengan aroma dan rasa yang sangat khas sehingga memiliki potensi yang besar untuk mampu bersaing dengan biji kopi nusantara dari daerah lainnya. 

Di samping kegiatan cupping dan penjualan biji kopi, Kantor Bank Indonesia Provinsi Papua Barat juga melakukan edukasi kepada pengunjung mengenai biji kopi dari Papua Barat. Sejak pembukaan kegiatan pada hari pertama hingga hari terakhir, masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran Kopi Anggi dan Kopi Minyambauw. Tidak hanya masyarakat biasa, juga banyak asosiasi pecinta kopi, trader, dan kalangan pelaku usaha kedai/kafe di Jakarta yang berkunjung ke stand BI Papua Barat dan menyampaikan harapan agar ke depannya Kopi Anggi dan Kopi Minyambouw dapat benar-benar tersedia hingga ke berbagai kota di Indonesia.

Saat ini kopi arabika Indonesia cukup terkenal di dunia sehingga menempatkan Indonesia sebagai eksportir kopi spesial arabika terbesar ke-2 dengan volume mencapai 150 ribu ton ekspor per tahun. Secara keseluruhan, Indonesia menjadi produsen biji kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia dengan produksi mencapai 648 ribu metrik ton meliputi kopi arabika, robusta, dan liberika. Dengan besarnya potensi tersebut, diharapkan ke depannya Papua Barat dapat turut berperan serta menjadi salah satu eksportir kopi arabika Indonesia. (rls)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.