Lapas Kaimana Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Peringati Hari Pengayoman ke-79

0
Lapas kelas III Kaimana menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di TMP Gunung Genova Kaimana.

KAIMANA, KLIKPAPUA.com – Dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kaimana menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gunung Genova, Jumat (9/8/2024).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kaimana, Yoseph Soleman Rumbiak, ini diikuti oleh seluruh petugas Lapas. Setelah upacara, seluruh peserta bersama-sama menaburkan bunga di pusara para pahlawan.

Kalapas Kaimana, dalam arahannya mengatakan, ziarah dan penaburan bunga di TMP dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, yang telah berjuang dengan gigih dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi Hari Pengayoman merupakan hari besar bagi Kemenkumham RI, diperingati setiap tahunnya pada 19 Agustus,” ucapnya.

Kegiatan ini, sebagai bentuk refleksi bagi petugas lembaga pemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sehari-hari, dengan memperkuat rasa kebersamaan dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Momentum ini bukan sekadar seremonial, tetapi juga pengingat bagi kita semua, tentang tugas yang diemban, dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas, serta mendukung proses reintegrasi sosial bagi warga binaan,” sambungnya.

Taufiq, seorang pegawai Lapas Kaimana, menuturkan bahwa kegiatan ini, menjadi momen penting untuk merenungkan kembali nilai-nilai kejujuran, keberanian, dan pengorbanan yang harus senantiasa dipegang teguh oleh setiap petugas pemasyarakatan.

Melalui hari Pengayoman ini, Lapas Kelas III Kaimana terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dalam menjalankan fungsinya sebagai bagian dari sistem pemasyarakatan di Indonesia. (lau)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.