Cara Menjaga Pola Makan yang Baik

0
44

Cara Menjaga Pola Makan yang Baik

Cara menjaga pola makan harus diketahui oleh orang yang ingin sekali hidup sehat dan memiliki berat badan ideal. Memilih makanan yang tepat dapat meningkatkan mood Anda, dan fungsi kesehatan mental secara keseluruhan.

Secara sederhana, nutrisi yang baik dapat meningkatkan fungsi otak Anda, sedangkan nutrisi yang buruk dapat memiliki efek sebaliknya. Nutisi buruk bisa berdampak pada kesehatan fisik Anda dan memperburuk kondisi mental Anda seperti depresi atau kecemasan.

Cara Menjaga Pola Makan yang Baik

  1. Minum Banyak Air

Dalam satu hari, pastikan minum 2 liter air putih dan jangan lebih dari 2,5 liter. Minum  1 liter air saat Anda sedang bekerja dan cobalah untuk meminum semuanya ketika di rumah.

Kebanyakan orang tidak menyadari betapa pentingnya minum air, dan kebanyakan orang tidak minum cukup air! Anda harus minum 2 liter air sehari! Jadi cobalah untuk selalu membawa air isi ulang dan terus isi ulang. Minum banyak air memang menjadikan Anda sering ke toilet, tetapi itu sepadan dengan manfaat yang Anda dapatkan.

  1. Makan Buah dan Sayuran Setiap Hari

Jika Anda merasa sulit makan buah, ingatlah bahwa smoothie, jus, dan buah kering, semuanya diperhitungkan. Meskipun saran tentang berapa banyak porsi buah dan sayuran sehari dapat bervariasi dari satu orang, rekomendasi makan buah dan sayur rata-rata yang disarankan adalah 5-10 porsi sehari.

  1. Konsumsilah Berbagai Makanan yang Kaya Nutrisi

Pilihan makanan harian Anda yang mencakup nasi, roti dan produk gandum utuh lainnya. Jangan lupakan buah-buahan, sayuran, produk susu, daging, unggas, ikan dan makanan berprotein lainnya. Memilih makanan utuh dengan berbagai warna adalah cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda.

4. Konsumsi Banyak Biji-Bijian

Seseorang yang ingin menjaga pola makannya harus makan 6-11 porsi roti, nasi, sereal dan pasta, 3 di antaranya harus berupa biji-bijian. Seseorang juga harus makan 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran.

  1. Jangan Pernah Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah makanan terpenting setiap harinya. Pilihlah sesuatu yang akan melepaskan energi secara perlahan. Bubur dan buah blueberry adalah pilihan yang bagus. Tahan diri Anda pada ekspektasi yang realistis. Tidak ada yang sempurna dan diet Anda juga tidak harus sempurna. Lakukan hal terbaik yang Anda bisa dengan apa yang Anda miliki.

  1. Jangan Terlalu Membatasi Makanan

Hindari untuk membatasi makanan tertentu dan hindari diet fad yang semuanya tentang pembatasan. Cara menjaga pola makan sehat dan berkelanjutan adalah tentang keseimbangan. Jika Anda benar-benar membatasi makanan yang membuat Anda bahagia, akan lebih sulit untuk bertahan dalam jangka panjang.

  1. Rencanakan Makanan Anda Untuk Minggu Depan

Tulis daftar belanjaan selama 1 minggu dan makan apa yang sudah Anda beli. Jangan pernah berbelanja saat Anda lapar, karena ini adalah kesalahan fatal yang mau tidak mau membuat Anda mengisi troli belanja Anda dengan makanan yang sifatnya impulsif.

  1. Sediakan Makanan Ringan yang Sehat

Memakan camilan itu boleh kok, asal sehat. Jadi, konsumsilah makanan ringan yang menyehatkan seperti buah segar dan kering, sereal, kue beras, yogurt buah rendah lemak, serta hummus gandum.

  1. Jangan Banyak Makan Lemak

Cobalah untuk menghindari makanan berlemak. Ambil kulit ayam dan potong lemak putih dari daging. Anda juga bisa menghindari makan terlalu banyak daging olahan seperti sosis dan burger emaknya tidak terlihat dari luar, tapi pasti ada banyak kandungan lemak.

  1. Batasi Jumlah Waktu Anda Makan di Luar Seminggu Sekali

Jika ingin menjaga pola makan yang benar, coba deh untuk tidak keseringan makan di luar. Cobalah membawa bekal makan siang Anda sendiri ke kantor atau pilih sayuran di kantin.

  1. Makan dengan Benar

Jangan memotong kelompok makanan sama sekali, misal tidak makan karbohidrat dalam upaya untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tubuh Anda membutuhkan karbohidrat dan semua jenis makanan lainnya, jadi pastikan untuk hanya makan makanan yang seimbang, dibandingkan memotong jenis makanan dari makanan Anda. Ingat, tubuh Anda membutuhkan keseimbangan, jadi pastikan Anda makan dengan benar.

  1. Batasi Kafein dan Alkohol

Batasi atau hindari sama sekali kafein dan alkohol. Kedua dapat memperburuk kecemasan dan depresi. Cobalah mengganti kopi dengan teh herbal atau kopi tanpa kafein dan mengganti minuman beralkohol dengan air soda.

  1. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Jika ingin menjaga pola makan demi berat badan yang ideal, maka Anda harus mencari tahu BB yang tepat untuk Anda. BB yang ideal sendiri tergantung pada banyak faktor seperti jenis kelamin, tinggi badan, usia, dan keturunan Anda.

Kelebihan lemak tubuh meningkatkan peluang Anda untuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Jadi, cari BB yang ideal untuk tentukan pola makan.

  1. Makan Dengan Porsi Sedang

Makanlah nasi dengan ukuran satu kepalan tangan, itu adalah jumlah yang direkomendasikan para ahli untuk porsi nasi dan juga pasta, sereal, sayuran, dan buah.

Sementara untuk porsi daging harus sebesar telapak tangan Anda. Batasi jumlah lemak tambahan seperti mentega, mayo, atau saus salad dan konsumsi hanya seukuran ibu jari Anda

  1. Makan Dengan Teratur.

Melewatkan makan dapat menyebabkan rasa lapar yang tidak terkendali dan seringkali mengakibatkan makan berlebihan.Ketika Anda sangat lapar, Anda juga tergoda untuk melupakan nutrisi yang baik. Ngemil di antara waktu makan dapat membantu mengurangi rasa lapar, tetapi jangan makan terlalu banyak camilan.

  1. Tulis Menu Makan Anda.

Untuk meningkatkan kebiasaan makan Anda, pertama-tama Anda harus tahu apa yang salah dengan pola makan Anda. Tuliskan semua yang Anda makan selama tiga hari. Kemudian periksa daftar makanan Anda untuk melihat apa yang perlu Anda ubah tentang pola makan Anda.

  1. Berhenti Makan 3-4 Jam Sebelum Tidur

Ketika Anda makan tepat sebelum tidur, tubuh Anda tidak akan membakar kalori tersebut dan tubuh akan menyimpan sebagian besar lemak dalam makanan yang Anda makan. Jadi lebih baik berhenti makan beberapa jam sebelum tidur sehingga Anda dapat membakar makanan yang Anda konsumsi.

  1. Olahraga

Anda harus berolahraga setidaknya 3-4 kali seminggu dan Anda harus melakukan setidaknya 40 menit cardio, untuk mendapatkan jantung yang sehat. Jika Anda tidak dapat menemukan waktu untuk pergi ke gym maka cobalah untuk memasukkan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian Anda, cobalah untuk naik tangga atau jogging bila memungkinkan.

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti gula rafinasi dan junk food menyebabkan peradangan dan menyebabkan bakteri menjadi tidak seimbang. Ketika terlalu banyak konsumsi makanan tidak sehat, suasana hati Anda bisa menjadi tidak seimbang juga. Ikuti cara menjaga pola makan di atas supaya tubuh tetap sehat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.