Perkuat Literasi di Sekolah, IJPN, RelawanTIK, dan Kuririo Jalin Kerjasama Dengan SMKN 6 Kota Jayapura

0
JAYAPURA,KLIKPAPUA.com–Sekolah Menengh Kejuruan (SMK) Negeri 6 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura dalam menyembut Tahun Ajaran 2023-2024 membangun kemitraan dengan mitra-mitra strategis, antara lain, Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN), RelawanTIK Cabang Kota Jayapura dan Kururio Indonesia dangan di tindatanganinya Memorandum of Understanding  (Nota Kesepahaman) yang berlangsung di SMK Negeri 6 Jayapura, Selasa (18/7/2023).
Adapun hal-hal pengembangan dan peningkatan yang ditekankan dalam MoU ini adalah Menguatkan Gerakan Literasi Sekolah yakni dalam Literasi Digital dan Literasi Jurnalistik. Selain itu juga Peningkatan Kemampuan Berwirausaha di Bidang UMKM dan Bisnis Digital
Ketua Umum IJPN (Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara) Roberthus Yewen dengan terjalin kerjasama dengan SMK N. 6 Jayapura merupakan sebuah hal baik.  “Ini momentum awal IJPN dalam mendampingi adik-adik pelajar  di sekolah untuk bisa mengenal dunia jurnalistik, terlebih lagi bisa mulai belajar menjadi seorang jurnalis pelajar,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa sore.
“Selain SMK N 6 Jayapura kita juga akan membangun kerja sama dengan berbagai sekolah lainnya bukan hanya yang ada di kota Jayapura tapi juga di tingkat kabupaten dan kota di tanah Papua,” tambahnya.
Senada dengan itu, Abraham Imbiri, selaku Ketua umum RelawanTIK Kota Jayapura mengungkapkan harapan dengan terbangunnya kerjasama dengan pihak sekolah, RelawanTIK dapat membekali adik-adik, siswa-siswi dapat memahami 4 Pilar Literasi Digital, sehingga nantinya tidak lagi terjebak atau termakan dengan isu-isu hoax (bohong) yang saat ini lagi marak terjadi.
“Memberikan pelatihan-pelatihan sepesifik terkait dengan minat bakat siswa-siswi dalam menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam membuat karya-karya digital hingga bisa berdampak positif dalam menciptakan ruang-ruang digital yang aman dan nyaman,” ungkapnya.
Sementara itu, Manager Wilayah Kururio Indonesia yang ada di Papua, Alldo F. Mooy  mengatakan, dengan terjalinnya kerjasama Kururio dengan pihak sekolah dalam hal ini SMK N 6 Teknologi dan Rekayasa, merupakan langkah awal untuk mendampingi para pelajar di tingkat menengah, baik SMK dan SMA  di Tanah Papua.
“Dalam membangun, memperkuat semangat berwirausaha di Bidang UMKM dan bisnis digital sebagaimana  cita-cita Kururio hadir di Tanah Papua, tumbuh dan berkembang bersama pelajar dan pemuda,” ujarnya.
Dalam sambutan Kepala Sekolah SMK N 6 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura, Simon Tabisu, S.Pd  dalam sesi penandatangan nota kesepahaman ini mengucapkan terima kasih kepada mitra-mitra, baik Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN), RelawanTIK Cabang Kota Jayapura dan Kururio Indonesia yang sudah memberikan perhatian dan tenaganya untuk bersama bergerak , bergandeng tanggan mandampingi siswa-siswi serta dapat memajukan sekolah dalam mengahadapi tantangan global.
“Dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat di era revolusi industry 4.0. kini kita telah memasuki era society 5.0 dimana keduanya sangat berpengaruh terhadap kehidupan social,” pungkasnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.