Terkait Covid-19, Gubernur Dominggus Imbau Warga Waspada dan Tidak Panik

0
109
Rapat Koordinasi Perencanaan Pusat dan Daerah (Rakorda) Bidang Koperasi dan UKM se -Provinsi Papua Barat tahun 2020, bertempat di aula Hotel Stenkool, Bintuni, Selasa (17/03/2020).
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Terkait dengan kasus penyebaran Covid-19 atau Virus Korona, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, mengimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya di Teluk Bintuni untuk selalu waspada, tidak panik dan takut.
Ia berpesan aktifitas kegiatan di masyarakat harus tetap berjalan seperti biasa. “Sepanjang kita dekat dengan Tuhan, kita berdoa dan doa kita terjawab, pasti virus korona tidak serang kita, untuk itu kita jangan panik, kalau kita panik, takut justru akan membuat kondisi tubuh menurun dan akan membuat mudah virus itu masuk dalam tubuh,” kata Gubernur Dominggus Mandacan pada acara pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Perencanaan Pusat dan Daerah (Rakorda) Bidang Koperasi dan UKM se -Provinsi Papua Barat tahun 2020, bertempat di aula Hotel Stenkool, Bintuni, Selasa (17/03/2020).
Gubernur berpesan kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi, olahraga cukup, menjaga jarak dengan yang sedang sakit, apabila ada gejala – gejala diharapkan segera periksa ke pusat kesehatan.
Di Papua Barat ada dua rumah sakit yang telah ditetapkan oleh pusat sebagai rumah sakit rujukan kasus virus korona yakni Manokwari dan Kabupaten Sorong. Namun ia mengimbau agar rumah sakit seluruh daerah di Papua Barat untuk tetap waspada dan siap menghadapi pasien dengan gejala kasus Covid- 19.
Pemprov telah mendirikan posko penanganan kasus Covid-19. Untuk itu Gubernur menginstruksikan kabupaten  / kota agar secepatnya  mendirikan posko tersebut. Sehingga masyarakat yang ingin mencari tahu informasi atau melaporkan ada dugaan kasus virus mematikan itu bisa lewat satu pintu.
“Kabupaten kota diharapkan juga bisa menyiapkan sekretariat posko, agar masyarakat yang membutuhkan informasi pelayanan bisa datang ke posko,” katanya.
Gubernur menyampaikan pihaknya telah menetapkan status daerah yakni siaga darurat bencana non alam. Untuk itu seluruh masyarakat harus tetap siaga. (at/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.