Pertama,Dorus Orocomna Putra Moskona Jabat Kepala Dinas di Pemkab Bintuni

0
550
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Setelah 16 tahun lamanya Kabupaten Teluk Bintuni berdiri, pertama kalinya salah satu putra Moskona menduduki jabatan sebagai kepala dinas/kepala Organisasi perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Teluk Bintuni.
Adalah Dorus Orocomna putra kelahiran Merdey 5 Desember 1970 ini satu satunya putra dari dataran Moskona yang mencetak sejarah menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, setelah sebelumnya ia menjabat sebagai sekertaris di dinas tersebut.
Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw bersama Wakil Bupati Matret Kokop usai pelantikan memberikan ucapan selamat kepada Dorus Orocomna dan mengajak foto bersama serta mengucapkan rasa bangganya karena Ini pertama kalinya ada salah satu putra asli Tuju Suku dari Suku Moskona yang  menjabat kepala dinas.
Saat di wawancarai, Dorus Orocomna mengucapkan rasa syukurnya karena akhirnya ia dipercaya menjabat sebagai kepala dinas di jajaran pejabat Esselon II. Tentunya apa yang ia peroleh saat ini adalah jawaban Tuhan atas kedisiplinan dan kerja keras yang ia lakukan selama ini. “Ini baru terjadi di pemerintahan ini putra moskona menjabat esselon II, banyak yang telah saya lalui, jadi saya sudah masak, dengan soal pola main dan kordinasi di pemerintahan,” katanya
Dorus sebelumnya sejak 2003 hingga 2015 bekerja di Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dan pada tahun 2016 ia akhirnya kembali ke Teluk Bintuni setelah diminta Bupati Petrus Kasihiw untuk kembali mengabdi di tanah kelahirannya.
Pria lulusan FISIP Uncen tahun 2009 ini, menjadi ASN sejak tahun 1995 dan pernah menempuh pendidikan sekolah Perawat Kesehatan dan mengambil S2 di Universitas Muhammadiah Makasar mengambil jurusan Sumber Daya Manusia, dan lulus tahun 2013 .
Pasangan dari Sefina Dowansiba ini memiliki 5 orang anak yang dua diantaranya menempuh pendidikan di Cina yakni EleFina Orocomna dan Siska Orocomna. Satunya lagi menempuh pendidikan di jerman namun tidak selesai, meninggal dunia karena sakit. Sementara dua diantaranya masih menempuh pendidikan SD dan TK.
Dorus berharap dengan diangkat sebagai kepala dinas, persoalan kebutuhan perumahan layak huni di Teluk Bintuni khususnya bagi Orang Asli Papua dapat perlahan teratasi. “Jabatan ini kan amanah, saya diperintahkan untuk melayani, untuk putra- putri Moskona, saya harapkan mereka taat disiplin, itu kunci sukssanya, jabatan yang dikasih sekecil apapun harus laksanakn dengan hati melayani sungguh – sungguh, biar hujan malam kita tetap layani karena itu amanah,” pesannya. (at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.