Pemkab Teluk Bintuni Terima Penghargaan UHC

0
Kepala BPJS Manokwari Jermy Eka Putra Mase menyerahkan penghargaan atas tercapainya Universal dan Health Coverage (UHC) dalam program jaminan kesehatan Nasional kartu Indonesia sehat tahun 2022 kepada Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw.
BINTUNI,KLIKPAPUA.com–Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni Selasa (15/11/2022) menerima penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Manokwari atas tercapainya Universal dan Health Coverage (UHC) dalam program jaminan kesehatan Nasional kartu Indonesia sehat tahun 2022.
Penerimaan penghargaan ini bersamaan dengan Penandatanganan Perpanjangan Rencana Kerja UHC antara pemerintah kabupaten Teluk Bintuni dan BPJS Kesehatan cabang Manokwari Tahun 2023 yang dilaksan di gedung Sasana Karya Kantor Bupati Teluk Bintuni, SP 3 Distrik Manimeri.
Dalam sambutannya kepala BPJS Manokwari Jermy Eka Putra Mase mengatakan, pemberian penghargaan ini dikarenakan pemda Teluk Bintuni telah berhasil mencapai target UHC sebesar 99,17 persen melebihi target UHC yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 95 persen.
Jermy juga mengapresiasi pemerintah Teluk Bintuni karena hampir sebagian besar warganya telah tercover dalam keanggotaan BPJS kesehatan, namun masih ada sebanyak 800 warganya yang belum terdaftar, ia berharap pemda bersama BPJS bisa terus berkomitmen untuk mencapai target 100 persen.
Dengan capaian UHC Kabupaten Teluk Bintuni direncanakan pada tanggal 12 Desember 2022 dan provinsi Papua Barat akan mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara.
“Inilah kerja keras yang dilakukan oleh kabupaten Teluk Bintuni dari capain 99,17 persen, masih ada 800 penduduk yang belum terdaftar agar segera mendapat jaminan kesehatan. Perlu dilakukan sinergitas oleh teman-teman kesehatan, agar sisanya bisa terdaftar.” pungkas Jermy
Sementara itu, Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dalam sambuatnya mengatakan, BPJS kesehatan merupakan upaya pemda Teluk Bintuni dalam memperkuat komitmen untuk memberikan layanan prima di bidang kesehatan bagi masyarakat di kabupaten ini.
Pasalnya, Pemerintah Teluk Bituni pada tahun 2022  mengucurkan Anggaran sebesar 5 milyar untuk biaya pelayanan kesehatan dalam hal ini BPJS.
“Besar harapan saya, kiranya pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Teluk Bintuni dapat tercapai secara optimal dan maksimal melalui komitmen kerjasama pemerintah daerah dan BPJS Kantor Cabang Manokwari,” jelasnya.
Melalui penandatanganan rencana kerja ini juga sekaligus menandai komitmen baik BPJS maupun Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam mengakses program JKN melalui layanan BPJS. “APBD kita cukup, kita pastikan orang sehat dulu, dan yang diperlukan masyarakat adalah  jaminan kesehatan,” jelas Bupati. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.