Pemda Teluk Bintuni Datangkan 5 Mini Bus untuk Layani Masyarakat Kampung

0
48
Lima unit kendaraan mini bus yang akan disalurkan ke Bumdea oleh Pemerintah Daerah Teluk Bintuni, untuk memberikan pelayanan transportasi darat masyarakat kampung. (klikpapua.com)

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni mendatangkan lima unit kendaraan roda empat untuk melayani arus mobilisasi masyarakat kampung.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw pekan kemarin memerintahkan Dinas Perhubungan untuk segera menyalurkan Mobil Mini Bus, yang saat ini terparkir di halaman Rumah Dinas jabatan bupati.

“Saya harap AMB (Angkutan Masyarakat Bintuni) tetap jalan, dan ada lima kendaraan yang ada parkir dipinggir rumah sana (Kediaman Bupati), mudah – mudahan kendaraan itu segera, dari Dinas Perhubungan bagaimana ketentuan penyalurannya, supaya jangan lama – lama tinggal, tidak ada yang kasih panas lalu rusak,” kata Bupati.

Bupati mengatakan kalau memang kendaraan itu harus diserahkan ke masyarakat, segera dilaksanakan, supaya bisa digunakan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Victor E. Ririhena mengatakan pengadaan lima unit kendaraan itu melalui program anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019, diperuntukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Yang sudah datang berkoordinasi dari Ibu Kepala Distrik Tembuni, untuk yang lain kita akan koordinasi, kita juga akan koordinasi dengan Distrik Babo,” katanya.

Victor mengatakan setelah menerima data – data Bumdes calon pengelola kendaraan itu, pihaknya terlebih dahulu akan menyaring dan memastikan badan hukumnya. Ia juga berencana membentuk tim kecil untuk turun ke lapangan memferivikasi Bumdes.”Bumdes harus jelas ada badan hukumnya, ada pengurusnya dan sebagainya itu harus jelas,” ujarnya.

Dia mengungkapkan pengadaan kendaraan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi darat dari antar kampung, distrik dan kampung ke kota. Sehingga hasil – hasil produksi lokal seperti pertanian, perikanan masyarakat dapat diangkut menuju ke kota atau pasar.

Terkait dengan perawatan kendaraan tersebut, akan dibebankan ke distrik dan kampung yang menerima. (at)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.