Pasien Terakhir Dengan Gangguan Jiwa Sembuh dari Covid-19, Teluk Bintuni Zona Kuning

0
382
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Satu orang pasien Covid-19 di Kabupaten Teluk Bintuni sudah dinyatakan sembuh. Sehingga kabupaten tersebut sekarang sudah bukan lagi zona merah tapi zona kuning.
Menurut keterangan Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, dr. Wiendo, Jumat (26/6/2020) mlaporkan bahwa berdasarkan pemeriksaan terhadap kondisi klinis pasien yang baik, dan hasil pemeriksaan terhadap sampel dari swab hidung dan tenggorokan dengan menggunakan metode real-time PCR di Laboratorium Klinik RSUD Bintuni pada 25 Juni 2020 menunjukan hasil NEGATIF 2 x (kali) berturut-turut terhadap 1 pasien konfirmasi positif Covid-19.
“Pasien berinisial WKB 41 (tahun) Perempuan dari Kampung Modan, Distrik Babo. Maka Tim Penanganan Covid-19 RSUD Bintuni menyatakan pasien tersebut telah sembuh pada 25 Juni 2020,” terangnya.
Sebelumnya dr Wiendo menyampaikan bahwa pasien tersebut merupakan orang yang memiliki penyakit gangguan jiwa. Sehingga dalam proses penanganannya sedikit berbeda dengan yang lain.
Setelah Kabupaten Teluk Bintuni berhasil menangani pasien Covid-19 hingga sembuh 100 persen, ia berpesan kepada seluruh masyarakat  untuk tetap mematuhi protokoler kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona.
“Masuarakat diharapkan untuk semakin patuh terhadap protokol kesehatan, untuk mencegah penularan COVID – 19 misal diam dirumah bila tidak ada keperluan, memakai masker bila diluar rumah,  menjaga jarak 1 meter bila diluar rumah, mencuci tangan, menerapkan etika batuk,” pesannya.
Dokter spesialis paru itu juga mengimbau masyarakat agar tidak memberikan stigma buruk terhadap pasien yang terduga  Covid – 19, yakni yang masih berstatus OTG, ODP, PDP, serta pasien yang sudah dinyatakan sembuh.
Kendati sudah bukan zona merah, tapi Teluk Bintuni masih masuk zona kuning. Karena sampai saat ini, pasien yang terduga Covid -19, masih dalam masa pemantauan sebanyak 159 orang. Untuk itu ia berpesan agar pasien- pasien tersebut dapat menyelesaikan pemantauan selama 14 hari.
Sampai dengan Jumat (26/6/2020) pukul 12.00 WIT, jumlah kasus terkornfirmasi positif Covid-19 sebanyak 50 orang, seluruhnya telah menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh oleh tim medis Kabupaten Teluk Bintuni. (at/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.