Kasus Positif Covid-19 di Bintuni Ada Penambahan  8 Orang, Satunya Bayi

0
158
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Bintuni.
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Hasil pemeriksaan laboratorium Covid-19 pada Laboratorium Biologi Molekuler (BBLK) Makassar dengan menggunakan metode real-time PCR didapatkan 8 warga Teluk Bintuni yang positif Covid-19.
Sesuai rilis Tim Satgas Covid -19 Teluk Bintuni, Minggu (10 /5/2020), membeberkan inisial dan alamat ke 8 pasien tersebut. Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Teluk Bintuni merupakan dari klaster Gowa. “Iya masih klaster Gowa, 4 orang dari Distrik Babo, Bintuni 2 dan Manimeri 2 orang. 2 orang dari Bintuni masih ditelusuri klaster dari mana, karena diduga bukan kalster Gowa, mereka sebelumnya telah melakukan perjalanan dari wilayah Jawa,” kata Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Teluk Bintuni, dr.Wiendo,Sp.P melalui sambung telepon.
Dijelaskannya, pasien konfirmasi positif Covid-19 yang kedua belas adalah laki-laki, inisial IMM, 19 tahun dan pasien konfirmasi positif Covid-19 yang ketiga belas perempuan, inisial Ny.SUJ, 46 tahun, alamat di Argosigemerai, Manimeri.
Hasil Rapid Test keduanya di Puskesmas Manimeri adalah negatif. Tetapi hasil PCR yang pertama dan kedua dari BBLK Makassar adalah positif. Kedua pasien ini memiliki kontak serumah dengan pasien konfirmasi positif ketiga inisial Tn.MK, 56 tahun. “Pasien konfirmasi positif ini telah menjalani isolasi mandiri dirumah sejak tanggal 27 April 2020, dipantau gejala setiap hari oleh puskesmas Manimeri, minum obat-obatan dan vitamin untuk pemulihan daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan,” katanya.
Selanjutnya, pasien konfirmasi positif Covid-19 yang ke empat belas adalah laki-laki, inisial Tn. MMT, 31 tahun alamat di Bintuni Timur. Hasil Rapid Test di Puskesmas Bintuni adalah positif. Hasil PCR yang pertama dari BBLK Makassar adalah positif.
Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang kelima belas adalah laki-laki, inisial Tn.TNH, 48 tahun alamat di Bintuni Timur. Hasil Rapid Test di Puskesmas Bintuni adalah positif. Hasil PCR yang pertama dari BBLK Makassar adalah positif. “Kedua pasien konfirmasi positif ini telah menjalani isolasi mandiri di rumah sejak tanggal 30 April 2020, dipantau gejala setiap hari oleh puskesmas Bintuni, minum obat-obatan dan vitamin untuk pemulihan daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan,” ujarnya .
Kemudian pasien konfirmasi positif COVID-19 yang ke enam belas adalah bayi perempuan, inisial KO, 5 bulan alamat di Modan Babo. Hasil Rapid Test di Puskesmas Babo adalah positif. Hasil PCR yang pertama dari BBLK Makassar adalah negatif dan PCR yang kedua adalah positif.
Pasien konfirmasi positif ini memiliki kontak serumah dengan pasien konfirmasi positif yang kesembilan, Ny.SAL dan pasien konfirmasi positif kesepuluh, Tn.RY. Pasien positif ini telah menjalani isolasi mandiri dirumah sejak tanggal 16 April 2020, dipantau gejala setiap hari oleh puskesmas Babo, minum obat-obatan dan vitamin.
Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang ke tujuh belas adalah perempuan, inisial SWH, 21 tahun alamat di Modan Babo. Hasil Rapid Test di Puskesmas Babo adalah positif. Hasil PCR yang pertama dan kedua dari BBLK Makassar adalah positif.
Pasien konfirmasi positif ini telah menjalani isolasi mandiri dirumah sejak tanggal 25 April 2020, dipantau gejala setiap hari oleh puskesmas Babo , minum obat-obatan dan vitamin.
Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang kedelapan belas adalah perempuan, inisial Ny.WKB, 41 tahun alamat di Modan Babo. Hasil Rapid Test di Puskesmas Babo adalah positif. Hasil PCR yang pertama dan kedua dari BBLK Makassar adalah positif.
Pasien konfirmasi positif ini telah menjalani isolasi mandiri dirumah sejak tanggal 25 April 2020, dipantau gejala setiap hari oleh puskesmas Babo , minum obat-obatan dan vitamin.
Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang kesembilan belas adalah laki-laki, inisial Tn.ESJ, 33 tahun alamat di Modan Babo. Hasil Rapid Test di Puskesmas Babo adalah positif. Hasil PCR yang pertama dari BBLK Makassar adalah positif.  “Pasien konfirmasi positif ini telah menjalani isolasi mandiri dirumah sejak tanggal 25 April 2020, dipantau gejala setiap hari oleh puskesmas Babo , minum obat-obatan dan vitamin,” katanya lagi.
Dijadwalkan ke 8 orang pasien ini akan dilakukan pengambilan sampel untuk pemeriksaan PCR di RSUD Bintuni dan BBLK Makassar tanggal 11 dan 12 Mei 2020. Karena pasien- pasien ini telah menjalani isolasi mandiri lebih dari 14 hari.
Pasien juga akan dirawat inap di RSUD Bintuni bila pemeriksaan hasil PCR di RSUD Bintuni adalah Positif dan tetap menunggu konfirmasi hasil dari BBLK Makassar. (at/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.